A Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel untuk Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengolahan Nilai Otomatis di SMKN 9 Singkut Kabupaten Sarolangun Jambi
Pelatihan MS.Excel
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1561Kata Kunci:
Aplikasi Office, Teknologi, Siswa SD, Pelatihan, Multimedia, Media Pembelajaran,Abstrak
Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan dan persoalan administrasi dalam pengolahan nilai salah satunya adalah Micorosoft Office seperti Microsoft Excel. Perangkat lunak pada Microsof Excel tersebut memiliki banyak fitur yang masih kurang familiar bagi sebagian penggunanya, terutama guru-guru di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambi. Saat ini pengolahan data nilai di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambi tersebut dilakukan dengan menggunakan salah satu aplikasi perkantoran yaitu Microsoft Excel namun para guru di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambitersebut belum bisa memfungsikan dengan baik penggunan fungsi rumus-rumus kondisi yang ada pada aplikasi Microsoft excel tersebut. Hal inilah yang melatar belakangi tim pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengolahan Nilai Otomatis di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambi Menggunakan MS.Excel”. Pada kegiatan ini diselenggarakan di Aula atau kelas di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambi dengan menggunakan metode ceramah dan praktikum secara langsung yang di ikuti 35 orang peserta. Adapun peserta pelatihan ini adalah guru-guru di SMKN 9 Singkut Sarolangun Jambi. Untuk Waktu Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 1(satu) hari dengan durasi 215 Menit atau 3,5 Jam yaitu mulai jam 08.30-12.00 wib. Dari hasil kegiatan ini didapatkan para peserta atau guru yang mengikuti pelatihan telah memahami dan mengetahui fungsi yang digunakan pada aplikasi ms.excel tersebut dengan secara otomatis dan akan mereka terapkan untuk proses pengolahan data nilai disekolah tersebut. Untuk luaran dari kegiatan pengabdian ini hasil dari kegiatan di publikasikan pada jurnal pengabdian masyrakata Universitas Dinamika Bangsa (JPMU) dengan status publish
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
M. Husaini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif,” Audit. A J. Pract. Theory, vol. 2, no. 2, pp. 141–147, 2014.
[F. Kurnia, “Pendidikan Berbasis Teknologi,” Tarbawi J. Stud. Pendidik. Islam., vol. 10, no. 2, pp. 205–221, 2022, doi: 10.55757/tarbawi.v10i2.307.
N. Agustian and U. H. Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” Islamika, vol. 3, no. 1, pp. 123–133, 2021, doi: 10.36088/islamika.v3i1.1047.
K. Zein, “TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GENERASI,” Pandu digital Kominfo Indonesia. [Online]. Available: https://pandu.kominfo.go.id/blog/416
S. S. Aqesya and agung dwi E, “Apa Manfaat Digitalisasi Dunia Pendidikan?,” kompas.com. [Online]. Available: https://www.kompas.com/edu/read/2023/06/02/141700271/apa-manfaat-digitalisasi-dunia-pendidikan-?page=all