PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE DRIVE BAGI GURU SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

Penulis

  • Ibnu Sani Wijaya ISW Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2022.1.1.41

Kata Kunci:

Google Drive, Digitalisasi, Penyimpanan Onlien, SMK Negeri 1 Kota Jambi

Abstrak

Pada era digitalisasi saat ini mendorong semua kegiatan didalam dunia pendidik untuk masuk kedalam proses pembelajaran, pelaporan, serta kegiatan yang berkaitan akademik masuk kedalam digitalisasi data terutama bagi guru. Saat ini guru dituntut untuk memberikan laporan kinerjanya kepada sekolah dengan cara penggunaan internet melalui data digitalisasi yang telah di olah. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMK Negeri 1 kota jambi yang di tujukan kepada para guru disekolah tersebut. Pada saat ini sistem pelaporan kegiatan sekolah termasuk guru di SMK Negeri 1 Kota Jambi mewajibakn mereka melakukan penyampaian laporan melalui penyimpanan online menggunakan aplikasi google drive. Berdasarkan dari permasalahan yang ditemukan di sekolah SMK Negeri 1 Kota Jambi, bahwa para guru mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi penyimpanan online seperti google drive tersebut saat penyerahan laporan. Dari apa yang telah ditemukan permasalahan yang dihadapi maka pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam penggunaan google drive. Dari hasil kegiatan yang telah di lakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini para guru sangat antusia dalam praktek pengerjaan soal yang telah diberikan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 50 orang guru. Dalam pelatihan ini disampaikan terkait bagaimana penggunaan file dalam google drive, melakukan pembagian file secara online, dan membuat file didalam google drive tersebut. Pelatihan yang diberikan ini masih dalam tahapan pemula, yang dimana diharapkan kedepanya untuk meninggkatkan ke dalam proteksi keamanan terhadap data atau file yang ada didalam penyimapanan online tersebut

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-19

Abstract views:

87

PDF Download:

130

DOI:

10.33998/jpmu.2022.1.1.41

Dimension Badge: