Workshop “Strategi Digital Marketing dan Sosial Media Sebagai Media Promosi Produk dan Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha di SMK N 4 Kota Jambi

Penulis

  • Silvia Rianti Agustini Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • hendri Universitas Dinamika Bangsa
  • Eni Rohaini Universitas Dinamika Bangsa
  • Inggrit Tia Pratiwi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.1.709

Kata Kunci:

Pelatihan, Strategi, Digital Marketing

Abstrak

SMK N 4 Kota Jambi memiliki 4 program keahlian yaitu Boga/Kuliner, Tata Busana, Perhotelan dan Kecantikan,  dari program tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki keahlian  yang mampu bersaing dalam dunia kerja dan terjalin kerjasama dengan instansi di era revolusi industri. Oleh karna itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan praktis  bidang ilmu manajemen dalam strategi digital marketing  dan media sosial sebagai media promosi produk dan meningkatkan kompetensi siswa untuk berwirausaha. Metode yang digunakan yakni materi secara langsung, tanya jawab dan diskusi tentang manajemen pemasaran, regulasi penggunaan media sosial seperti UU ITE, UU perlindungan konsumen, hukum niaga, dan pelatihan pemasaran digital, kelemahan dan kelebihan pemasaran digital, dan peraturan yang berkaitan dengan aktifitas ini, dan identifikasi konsumen/pasar yang ditargetkan, memungkinkan untuk memaksimalkan  aktifitas pemasaran dengan startegi digital  marketing sehingga dapat membantu dalam promosi dan meningkatkan kompetensi siswa/I dalam berwirausaha yang mana hal tersebut juga merupakan tujuan SMK N 4 Kota jambi yaitu agar dapat membentuk peserta didik mampu berwirausaha secara nasional dan internasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’S (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 73. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.105

Bruner, G. C. (2009). Marketing Scales Handbook, Volume 5. 7(January 2013), 1045.

DIKRIANSYAH, F. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menegah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Biomass Chem Eng, 3(2), ثقثقثقثق. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.

Hidayah, I. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha CV. Ratatia Indonesia Rumbai Tinjau Menurut Ekonomi Islam. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Marketing, 149.

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.13854

Kelly, L., Kerr, G., & Drennan, J. (2010). Avoidance of Advertising in Social Networking Sites. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.1080/15252019.2010.10722167

Kemenkumham. (2016). Undang-undang RI No. 19 tahun 2016. Kemenkumham.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376–381. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11307

Purnomo, N., & Muhtarom, A. (2018). Determination Factor Alumni and Student of Economic Faculty Lamongan Islamic University to Become Enterpreneur. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 14(1), 19–25. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v14i1.237

Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 1. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.9

Sudaryana, Y., Juhaeri, J., Dewi, A. G., Sibarani, M., Mudzakir, M., Ismail, F. R., & Romasturia, D. (2021). Penerapan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Amal Islamic Boarding School Kota Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10647

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

140

PDF Download:

207

DOI:

10.33998/jpmu.2023.2.1.709

Dimension Badge: