Pelatihan Mengoptimalkan Penulisan Ilmiah dengan Open Knowledge Map dan Quillbot pada Himpunan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

Penulis

  • Silvia Rianti Agustini Universitas Dinamika Bangsa
  • Hendri Universitas Dinamika Bangsa
  • Imelda Yose Universitas Dinamika Bangsa
  • Lola Astrid Yorita Universitas Dinamika Bangsa
  • Lies Aryani Universitas Dinamika Bangsa
  • Syamsida Rozi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2187

Kata Kunci:

riset_ilmiah, OpenKnowledgeMap, Quillbot, akademik, penulisan_ilmiah

Abstrak

Kemampuan menulis ilmiah dan melakukan riset yang efektif merupakan kompetensi penting bagi mahasiswa, terutama di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Namun, berbagai kendala seperti keterbatasan akses literatur, penyusunan kerangka penelitian, serta permasalahan tata bahasa dan penerjemahan sering menghambat proses akademik. Untuk mengatasi hal ini, diadakan pelatihan penggunaan Open Knowledge Map dan Quillbot guna meningkatkan keterampilan riset dan penulisan ilmiah mahasiswa. Open Knowledge Map membantu dalam pemetaan literatur, sementara Quillbot mendukung penyusunan kerangka penelitian, referensi, perbaikan tata bahasa, serta penerjemahan teks akademik. Hasil evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam riset dan penulisan ilmiah, tetapi juga mendorong partisipasi mereka dalam forum akademik. Dengan keberhasilannya, model pelatihan ini berpotensi diterapkan di berbagai perguruan tinggi untuk mengembangkan keterampilan ilmiah mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dian Ayu Zahraini1, Listyaning Sumardiyani2, Hadi Riwayati Utami3, Ririn Ambarini4. 2023. “Optimasi Proses Penelitian: Penerapan Open Knowledge Maps Dan Visualisasi VosViewers Sebagai Solusi Terintegrasi.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNHP) LPPM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 4: 342–61.

Dwijayanti, Renny, Novi Marlena, and Finisica Dwijayati Patrikha. 2017. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-Guru SMK Di Kabupaten Jombang.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(2): 249–66.

Effendi, Denti Nanda et al. 2021. “Bibliometric Analysis of Scientific Literacy Using VOS Viewer: Analysis of Science Education.” Journal of Physics: Conference Series 1796(1).

Fitria Ayuningtyas, and Drina Intyaswati. 2022. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Karimiyah, Depok, Jawa Barat.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2): 305–12.

Kusworo, Kusworo et al. 2021. “Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti Di Provinsi Banten.” Indonesian Journal of Society Engagement 1(2): 19–29.

MAHSUN, S.Pd.SD. 2019. “UPAYA MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN TEKNIK RCG (REKA CERITA GAMBAR) PADA SISWA KELAS VI SDN BUSE KECAMATAN PRAYA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 3(1): 1–19.

Sujianto, Agus Eko, Muhammad Syahrul Hidayat, and Dwita Indriyani. 2024. “Bimbingan Teknis : Strategi Menemukan Novelty Berbasis IT.” Jurnal Pengabdian Nusantara 8(2): 424–35.

Wachyudi, Kelik. 2022. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quillbot.” Jurnal Pengabdian mandiri 1(12): 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017.

Dian Ayu Zahraini1, Listyaning Sumardiyani2, Hadi Riwayati Utami3, Ririn Ambarini4. 2023. “Optimasi Proses Penelitian: Penerapan Open Knowledge Maps Dan Visualisasi VosViewers Sebagai Solusi Terintegrasi.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNHP) LPPM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 4: 342–61.

Dwijayanti, Renny, Novi Marlena, and Finisica Dwijayati Patrikha. 2017. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-Guru SMK Di Kabupaten Jombang.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(2): 249–66.

Effendi, Denti Nanda et al. 2021. “Bibliometric Analysis of Scientific Literacy Using VOS Viewer: Analysis of Science Education.” Journal of Physics: Conference Series 1796(1).

Fitria Ayuningtyas, and Drina Intyaswati. 2022. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Karimiyah, Depok, Jawa Barat.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2): 305–12.

Kusworo, Kusworo et al. 2021. “Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti Di Provinsi Banten.” Indonesian Journal of Society Engagement 1(2): 19–29.

MAHSUN, S.Pd.SD. 2019. “UPAYA MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN TEKNIK RCG (REKA CERITA GAMBAR) PADA SISWA KELAS VI SDN BUSE KECAMATAN PRAYA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 3(1): 1–19.

Sujianto, Agus Eko, Muhammad Syahrul Hidayat, and Dwita Indriyani. 2024. “Bimbingan Teknis : Strategi Menemukan Novelty Berbasis IT.” Jurnal Pengabdian Nusantara 8(2): 424–35.

Wachyudi, Kelik. 2022. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quillbot.” Jurnal Pengabdian mandiri 1(12): 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Abstract views:

12

PDF Download:

25

DOI:

10.33998/jpmu.2025.4.1.2187

Dimension Badge: