Pelatihan Guru PAUD: Meningkatkan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Sketch.MetaDemolab
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2173Kata Kunci:
Paud, Interaktif, Sketch.Metademolab, Animasi, pembelajaranAbstrak
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter dan kemapuan dasar anak – anak. Pada masa ini, metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif sangat diperlukan untuk merangsang imajinasi dan minat anak – anak. Seiring perkembangan teknologi, penggunaann media digital dapat menjadi Solusi dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan bagi guru – guru PAUD di Kota Jambi, khususnya dalam penggunaan aplikasi Sketch.Metademolab sebagai media pembelajaran interaktif. Aplikasi ini memungkinkan pembuatan sketsa dan animasi sederhana yang dapat meningkatkan keterlibatan dan minat anak – anak dalam proses belajar. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan lingkungan belajar yang kreatif dan imersif. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif.
Unduhan
Referensi
Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Falloon, G. (2020). From Digital Literacy to Digital Competence: The Teacher Digital Competency (TDC) Framework. Educational Technology Research and Development. Educational Technology Research and Development, 68(5), 31.
Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.
Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., Yani, S. I., & Khadijah. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Perannya dalam Membangun Karakter dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Nabila Putri Widya Ningrum, Fatma Mayang Jelita Pane, Seri Indah Yani, Khadijah. Tematik, 1(1), 98–102.
Nobre, J. N. P., Vinolas Prat, B., Santos, J. N., Santos, L. R., Pereira, L., Guedes, S. da C., Ribeiro, R. F., & Morais, R. L. de S. (2020). Quality of interactive media use in early childhood and child development: a multicriteria analysis. Jornal de Pediatria, 96(3), 310–317. https://doi.org/10.1016/j.jped.2018.11.015
Telussa, J., Walakula, J., Damo, A., Muskitta, A., Abrahams, A., Kunci, K., pembelajaran Berbasis Teknologi, M., & Usia Dini, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Didaxei, 4(1), 466–488.
Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084
Wulandari, A. (2018). Studi Komparasi Antara Strategi Quip Dan Strategi Information Charts Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Diksi, 25(2), 178–190. https://doi.org/10.21831/diksi.v25i2.16010