Pelatihan games Mathematika berbasis Digital untuk siswa SD Excellent Mandiri Kota Jambi

Penulis

  • Beni Irawan Universitas Dinamika Bangsa
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Universitas Dinamika Bangsa
  • Syamsyida Rozi Universitas Jambi
  • Farid Ghais Ramahdan Universitas Dinamika Bangsa
  • Icha Valentina Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2174

Kata Kunci:

Games, Media Pembelajaran, Mathematika, Siswa, Teknologi

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru dalam metode pembelajaran, termasuk dalam pengajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Proyek ini bertujuan untuk mengintegrasikan permainan matematika berbasis digital ke dalam proses pembelajaran di SD Excellent Mandiri Kota Jambi. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika, sekaligus menumbuhkan minat dan motivasi mereka melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini melibatkan penggunaan aplikasi permainan digital yang disesuaikan dengan kurikulum matematika. Siswa dilatih untuk memainkan dan memecahkan masalah matematika yang disajikan dalam bentuk permainan, baik secara individu maupun dalam kelompok.Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain, guna meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di era digital.

 

Unduhan

Referensi

Al-Khaerat, A., Indrabayu, M., Warni, E., Nurtanio, I., Yohannes, C., Ais, A., Alimuddin, P., Bustamin, A., Areni, I. S., Muslimin, Z., Yusuf, M., Nur, N., Mokobombang, R. A., Mutmainnah Nurdin, W., & Anisah, S. N. (2023). Penerapan Game untuk Belajar Matematika Menyenangkan di Panti. 6(2), 328–335.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(1), 110–116.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Hendra, L., Mulyati, A., Zabidi, I., Imron, I., & Suryono, D. W. (2022). Peranan Pembimbingan Matematika dalam Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa dan Efisiensi Keluarga. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i2.658

Kalaka, Y., Mustofa, Y. A., & Dalai, H. (2023). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Banthayo Lo Komputer, 2(1), 78–82. https://doi.org/10.37195/balok.v2i1.542

Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Manurung, A., Halim, A., & Rasyid, A. (2021). Mathematics Literacy Movement for Students To Increase Creative Thinking Ability At Sdn Kenari 07 Pagi. Jurnal Karya Abdi, 1. https://www.ejournal.unisi.ac.id/index.php/karya/article/view/1165%0Ahttps://www.ejournal.unisi.ac.id/index.php/karya/article/download/1165/1121

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). Implikasi Teknologi Era Digital Terhadap Transformasi Pendidikan Di Siderejo Hilir Kacamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Jurnal Darma Agung, 31(1), 745. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Abstract views:

17

PDF Download:

13

DOI:

10.33998/jpmu.2025.4.1.2174

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>