Edu Fun Animation : Membuat Video Pembelajaran Menyenangkan Dengan Animasi Bagi Guru Excellent Mandiri School
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.1401Kata Kunci:
Pelatihan, Media Pembelajaran, AnimasiAbstrak
Perkembangan teknologi pada bidang pendidikan saat ini, dituntut guru harus bisa memberikan inovasi dalam membuat media pembelajaran yang tepat. Pemanfaatan Smartphone yang praktis dapat mendukung guru dalam mengembangkan media pembelajaran nya dengan membuat video animasi yang menyenangkan. Excellent mandiri school adalah salah satu sekolah swasta di Kota Jambi yang memiliki jenjang pendidikan TK, dan SD, terutama untuk anak didik TK yang mana penting nya konsep bermain dan berlajar maka dengan Media pembelajaran dengan vidio animasi ini bertujuan untuk dapat menarik dan mengarahkan anak didik dalam berkosentrasi memahami materi pelajaran yang disampaikan, serta meningkatkan minat, rasa senang, ketertarikan ketika belajar karena menggunakan teks bergambar. Berdasarkan obeservasi yang dilakukan, guru – guru Excellent mandiri school membutuhkan pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk anak didik nya, yaitu “ Edu Fun Animation : Membuat Video Pembelajaran Menyenangkan Dengan Animasi Bagi Guru (Excellent mandiri school) “ agar materi yang diberikan menarik dan dapat memotivasi siswa-siswi nya untuk memahami materi yang disampaikan, serta meningkatkan kemampuan guru-guru dalam berinovasi membuat media pembelajaran yang menarik berbasis teknologi dengan memanfaatkan smartphone sebagai alat pendukung membuat video animasi yang menyenangkan
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
R. Hidayat, S. Ag, and M. Pd, Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. .
D. K. Yestiani and N. Zahwa, “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar,” Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.515.
M. Zein, “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran,” J. Perkemb. Surabaya, vol. 2, no. 12, pp. 1–12, 2021.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
Redmon Windu Gumati, “Inovasi Pendidikan dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013,” J. Syntax Imp. J. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 264–279, 2020.
L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, and K. Heru, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp.
I. A. D. Astuti, D. Dasmo, and Y. B. Bhakti, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Interaktif dengan Powtoon,” J. SOLMA, vol. 10, no. 1, pp. 61–69, 2021, doi: 10.22236/solma.v10i1.6268.
J. Pengabdian et al., “Pelatihan Penggunaan Tool Pembelajaran Daring Yang,” vol. 1, pp. 26–29, 2022.
R. H. Jones and C. A. Hafner, “Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction,” Underst. Digit. Literacies A Pract. Introd., vol. 1, no. 2, pp. 1–321, 2021, doi: 10.4324/9781003177647.
E. Irawan, “Pelatihan Blended Learning Sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 190–198, 2020, doi: 10.30651/aks.v4i2.3499.
M. P. Sari, D. Rinjani, F. C. Permana, I. P. Sari, and N. Hidayah, “Pemanfaatan Smartphone dalam Menciptakan Animasi Stop Motion sebagai Alternatif Media Ajar Guru SMK Multimedia,” TEKMULOGI J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 24–31, 2021.
Jamila, Ahdar, and E. Natsir, “Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare,” L Ma’ Arief J. Pendidik. Sos. Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 101–110, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346.
Z. NI’MAH, “Peran Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Siswa Kelas 1 Mi Islamiyah Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik,” Surabaya, 2020.
E. S. Pane, R. Novendra, Afriansyah, and I. Rangga Bakti, “Pelatihan Animasi Stop Motion Layanan Masyarakat Untuk Content Youtube Bagi Siswa SMK Negeri 2 Pinggir,” Mejuajua J. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 41–44, 2022, doi: 10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.47.
M. R. Apriansyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” J. PenSil, vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2020, doi: 10.21009/jpensil.v9i1.12905.