PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN QR-CODE DI KANTIN UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA

Penulis

  • M. Ade. Maulana Universitas Dinamika Bangsa
  • mikhail ibrahim Universitas Dinamika Bangsa
  • Hendryzal Universitas Dinamika Bangsa
  • Dodo Zaenal Abidin Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.1430

Kata Kunci:

Perancangan, Sistem, Aplikasi, QR Code, Kantin

Abstrak

Sistem Pembayaran menjadi sangat penting di masa sekarang untuk melakukan transaksi untuk meningkatkan efisiensi dan keefektivan. Proses pembayaran di kantin Universitas Dinamika Bangsa Kota Baru masih dilakukan secara konvensional, hal tersebut tidak efisien baik dalam waktu dan tempat karena dapat memakan waktu ketika penjual harus memberikan uang kembalian dan dapat menimbulkan antrian. Dari permasalahan yang ada diperlukan sistem yang dapat memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall, alat bantu pemodelan program yaitu UML diantaranya use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Serta sistem dirancang dengan bahasa pemrograman Dart dan database FireBase. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembayaran menggunakan Qr-Code yang dapat membantu pihak kantin dalam melakukan transaksi si kantin Universitas Dinamika Bangsa Kota Baru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. Darma Paramatha dan Wayan Aditya S, “ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI DENGAN QR-CODE DAN METODE BYOD.” Jurnal teknologi dan informasi komputer vol. 6 , No. 2, Jan 24, 2020, https://doi.org/10.36002/jutik.v6i2.1023.

R. Ardhi dan G. Farell, “Perancangan Website Point of Sales menggunakan Teknologi QR Code (Studi Kasus Gofha Studio Parfum Danguang-Danguang)”. Jurnal teknologi informasi, vol. 7, No. 1, 2023

K. Krombholz, P. Frühwirt, P. Kieseberg, I. Kapsalis, M. Huber, dan E. Weippl, “LNCS 8533 - QR Code Security: A Survey of Attacks and Challenges for Usable Security.”

G. Munawar, A. Firiontina, H. Dini, dan # #2, “Prototipe E-Wallet Berbasis Mobile untuk Mendukung Transaksi Elektronik di Lingkungan Kampus”, doi: 10.26418/justin.v10i4.47495.

R. Mayanti, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN USER TERHADAP PENERAPAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD SEBAGAI TEKNOLOGI PEMBAYARAN PADA DOMPET DIGITAL,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 25, no. 2, hlm. 123–135, 2020, doi: 10.35760/eb.2020.v25i2.2413.

M. A. Suryawan, L. Ode, M. Jihad, dan A. Faris, “PENERAPAN QR-CODE DALAM PROSES PEMBAYARAN DIGITAL DI KAMPUS THE IMPLEMENTATION OF QR-CODE IN THE DIGITAL PAYMENT AT CAMPUS,” Jurnal Informatika, vol. 11, no. 2, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU

M. U. Ahmad Hajazi, S. Sou Chan, S. A. Ya’kob, F. Siali, dan H. Abdul Latip, “Usage Intention of Qr Mobile Payment System Among Millennials in Malaysia,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 11, no. 1, Jan 2021, doi: 10.6007/ijarbss/v11-i1/8494.

B. A. Eren, “QR code m-payment from a customer experience perspective,” Journal of Financial Services Marketing, 2022, doi: 10.1057/s41264-022-00186-5.

Y. S. Hussein Maen T. Alrashdan, “Secure Payment with QR Technology on University Campus,” Journal of Computer Science & Computational Mathematics, vol. 12, no. 2, hlm. 7–10, Jun 2022, doi: 10.20967/jcscm.2022.02.002.

Didik Arif W dan Gandhi Sutjahjo, “SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KEGIATAN SOSIALISASI (P2M) DAN LAYANAN ADUAN MASYARAKAT DI BNN KOTA BATAM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO.” Vol. 10,No. 1, April 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

244

PDF Download:

209

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.2.1430

Dimension Badge: