Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Belajar Mandiri Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Penulis

  • Susi Oklatifa universitas dinamika bangsa jambi
  • Dodo Zaenal Abidin Universitas Dinamika Bangsa
  • Nurhadi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2323

Kata Kunci:

YouTube Media Belajar Mandiri, Kepuasan Pengguna End User Computing Satisfaction (EUCS),, PLS-SEM

Abstrak

Di era digital saat ini, platform seperti YouTube telah menjadi salah satu media utama dalam mendukung pembelajaran mandiri mahasiswa. Namun, efektivitas dan kepuasan pengguna terhadap YouTube sebagai media belajar belum banyak diteliti secara sistematis, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna YouTube sebagai media belajar mandiri di kalangan mahasiswa Universitas Dinamika Bangsa Jambi dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Lima dimensi utama EUCS, yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness digunakan sebagai variabel penelitian. Model penelitian dikembangkan berdasarkan teori EUCS dan diuji menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS versi 3.2.9. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa aktif pengguna YouTube sebagai media belajar. Sebanyak 387 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan seluruh data yang valid untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa accuracy, ease of use, dan timeliness memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara content dan format tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun YouTube memberikan kemudahan akses dan ketepatan waktu, kualitas content serta format penyajian masih menjadi tantangan bagi kepuasan pengguna secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan kurasi content dan pengembangan tampilan antarmuka yang lebih terstruktur untuk meningkatkan pengalaman belajar pengguna YouTube.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Baihaqi, A. Mufarroha, and A. I. T. Imani, “Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang,” EDUSIANA J. Manaj. dan Pendidik. Islam, vol. 07, no. 01, pp. 74–88, 2020, [Online]. Available: http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana

E. N. Sitepu, “Media Pembelajaran Berbasis Digital,” Mahesa, vol. 1, no. 1, pp. 242–248, 2021, doi: 10.34007/ppd.v1i1.195.

A. Latif, “PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL Abdul,” tahsinia, vol. 4, no. 2, pp. 387–400, 2023, [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1971

E. M. Paramesti, S. S. Alamiyah, and F. Y. Cahayani, “Jurnal Ilmu Komunikasi TREND PERALIHAN ARTIS TELEVISI MENJADI YOUTUBE CONTENT CREATOR Pendahuluan kehadiran media baru pada saat ini telah melahirkan pergeseran pada media merupakan salah satu media komunikasi masyarakat dalam bentuk audio visual berpenda,” vol. 11, no. 2, pp. 140–152, 2021.

Fatichatul Mukarromah and Sukma Ari Ragil Putri, “Analisis Deskriptif Channel Youtube Satu Persen Episode ‘Kunci Komunikasi Efektif Menjadi Asertif,’” Mediakita, vol. 5, no. 2, pp. 130–146, 2021, doi: 10.30762/mediakita.v5i2.3502.

S. Suwanti, A. Yudhana, and H. Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 2, pp. 149–161, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i2.7581.

G. Pujana, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Di SMP Negeri 1 Sukasada,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023.

A. Chaerunnisa, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN MUSIK STREAMING APLIKASI YOUTUBE MUSIC MOBILE MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, 2016.

K. A. Santoso, “Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) PERILAKU LOYALITAS KONSUMEN EVENT ORGANIZER (EO) XYZ SELAMA MASA PANDEMI DI SURABAYA,” pp. 1–22, 2023.

A. Bakhtiar, S. Widiyarto, L. N. Sartono, I. Isroyati, L. Wulansari, and L. Setyowati, “Penggunaan Media You Tube Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar,” War. Dharmawangsa, vol. 18, no. 2, pp. 532–539, 2024, doi: 10.46576/wdw.v18i2.4469.

F. N. Ramadhayanti, Mulyadi, and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 143–151, 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792.

N. L. Rachmawati and D. Krisbiantoro, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 29–35, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.473.

D. Y. Wijaya, Ahyar Muawwal, and Renny, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Learning Management System Classes Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” KHARISMA Tech, vol. 16, no. 2, pp. 111–126, 2021, doi: 10.55645/kharismatech.v16i2.133.

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020.

Tarjo, METODE PENELITIAN ADMINISTRASI, Cetakan pe. Syiah Kuala University Press.Jl.Tgk chik pante kulu no.1 kopelma Darussalam 23111, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=T1BKEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

H. Andi Asari, Zulkarnaini, S. Ahmad Choirul Anam, J. V. Litamahuputty, D. R. P. Fathan Mubina Dewadi, W. A. S. Maswar, and T. S. Nanti Sari Murni, PENGANTAR STATISTIKA, Cetakan pe. Kota Solok, Sumatera Barat, Kode Pos 27312.

I. Islamy, “Penelitian Survei Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa Inggris,” ResearchGate, vol. 1, no. August, pp. 709–715, 2019.

P. . Prof. Dr. Yoesoep Edhie Rachmad, M.M., DBA. et al., INTEGRASI METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF (Panduan Praktis Penelitian Campuran), Cetakan pe. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/380153624_INTEGRASI_METODE_KUANTITATIF_DAN_KUALITATIF

N. F. A. S. G. K. Abunawas3, “KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN,” J. PILAR J. Kaji. Islam Kontemporer, vol. Volume 14, pp. 15–31, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/viewFile/10624/5947

I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.

N. K. Susrini, GOOGLE: MESISN PENCARI YANG DITAKUTI RAKSASA MICROSOFT, 01 ed. Yogyakarta: Penerbit B First (PT Bentang Pustaka), 2009. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gwSUAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=YouTube+menarik+perhatian+Google,+yang+kemudian+mengakuisisinya+pada+Oktober+2006&ots=pC3D2Ki7J-&sig=1oryLM_95GJfmb60_koNhaE09FU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

L. I. Atiqoh, M. Mas’uliyyah, and M. Munawir, “Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah,” Mimb. Kampus J. Pendidik. dan Agama Islam, vol. 23, no. 1, pp. 377–386, 2023, doi: 10.47467/mk.v23i1.4384.

Riazul Khairati, Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. 2022.

A. Farhatunnisya, “Pemanfaatan Video Youtube Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Insan Litera,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 3, no. 2, p. 109, 2020, doi: 10.22460/comm-edu.v3i2.3756.

A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache J. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.

E. Widianto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Educ. Teach., vol. 2, no. 2, p. 213, 2021, doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.

N. S. Ramdani, H. Nugraha, and A. Hadiapurwa, “Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring,” Akademika, vol. 10, no. 02, pp. 425–436, 2021, doi: 10.34005/akademika.v10i02.1406.

A. J. Jaelani, “Literasi Digital dan Pembelajaran Mandiri,” Semin. Nas. Pendidik. Sultan Agung, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19824

R. Rachmadtullah et al., “The challenge of elementary school teachers to encounter superior generation in the 4.0 industrial revolution: Study literature,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 4, pp. 1879–1882, 2020.

A. Ramadhan, N. Jalinus, T. Ta’ali, and M. Mulianti, “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Self Directed Learning pada Mata Pelajaran Pengelasan,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 91–100, 2021, doi: 10.17977/um031v8i12021p091.

S. Assegaff, “Analisis Perilaku User pada Pemanfaatan Layanan Pemesanan Tiket Online pada Aplikasi Mobile (Prespektif Kepercayaan dan Resiko oleh Konsumen),” J. Manaj. Teknol., vol. 16, no. 1, pp. 62–80, 2017, doi: 10.12695/jmt.2017.16.1.5.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

1

PDF Download:

0

DOI:

10.33998/jakakom.2025.5.2.2323

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>