Analisis Perbandingan Algoritma K-Means Dan K-Medoids Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik

Penulis

  • Sahril Saputra Universitas Dinamika Bangsa
  • Kurniabudi Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2292

Kata Kunci:

kepuasan mahasiswa, pelayanan akademik, data mining, K-means, K-Medoids

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan algoritma K-Means dan K-Medoids dalam mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik di Institut Islam Mamba'ul Ulum Jambi. Data kepuasan mahasiswa dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan kedua algoritma tersebut dengan bantuan tools RapidMiner. Hasil clustering dievaluasi menggunakan Davies Bouldin Index (DBI) untuk menentukan algoritma yang paling optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Institut Islam Mamba'ul Ulum Jambi merasa sangat puas dengan pelayanan akademik yang diberikan. Clustering dengan K-Means dan K-Medoids berhasil mengelompokkan mahasiswa ke dalam tiga cluster: "Sangat Puas", "Cukup Puas", dan "Tidak Puas". Algoritma K-Means menghasilkan cluster dengan jumlah anggota 450 ("Sangat Puas"), 351 ("Cukup Puas"), dan 218 ("Tidak Puas"). Sedangkan K-Medoids menghasilkan cluster dengan jumlah anggota 638 ("Sangat Puas"), 270 ("Cukup Puas"), dan 111 ("Tidak Puas"). Berdasarkan nilai DBI, algoritma K-Medoids (0.222) menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan K-Means (0.396) dalam mengelompokkan data kepuasan mahasiswa. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi Institut Islam Mamba'ul Ulum Jambi dalam mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan akademik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Shanti, “Analisis Pengaruh Pelayanan Keluhan Terhadap Tingkat Kepuasan Siswa Pada Sma 1 Pringgabaya Lotim Ntb.,” Jurnal At Tadbir: Journal Of Islamic Education Management (Iem), Vol. 5, No. 1, 2021, Doi: 10.51700/Attadbir.V5i1.125.

A. Sodik And M. Ma’sum, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Layanan Sistem Informasi Akademik Studi Kasus Universitas X Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality,” Jurnal Teknologi Dan Manajemen, Vol. 2, No. 2, 2021, Doi: 10.31284/J.Jtm.2021.V2i2.2303.

Y. Karauna, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Terhadap Repositori Perpustakaan Dengan Menggunakan Model Eucs,” Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, Vol. 6, No. 1, 2022, Doi: 10.17977/Um008v6i12022p124-137.

Pemerintah Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah (Pp) Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Indonesia: Ln.2021/No.87, Tln No.6676, Jdih.Setneg.Go.Id : 35 Hlm., 2021.

N. Widya Utami And M. Artana, “Text Mining Dalam Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, Vol. 4, No. 2, 2022, Doi: 10.51401/Jinteks.V4i2.2034.

A. Hoerunnisa, G. Dwilestari, F. Dikananda, H. Sunana, And D. Pratama, “Komparasi Algoritma K-Means Dan K-Medoids Dalam Analisis Pengelompokan Daerah Rawan Kriminalitas Di Indonesia,” Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), Vol. 8, No. 1, 2024, Doi: 10.36040/Jati.V8i1.8249.

A. Meiriza And E. Ali, “Perbandingan Algoritma K-Means Dan K-Medoids Untuk Pengelompokan Program Bpjs Ketenagakerjaan,” Indonesian Journal Of Computer Science, Vol. 12, No. 2, 2023.

N. Rohman And A. Wibowo, “Perbandingan Metode K-Medoids Dan Metode K-Means Dalam Analisis Segmentasi Pelanggan Mall,” Sintech (Science And Information Technology) Journal, Vol. 7, No. 1, Pp. 49–58, 2024.

A. Lesmana And W. Gunawan, “Perbandingan Algoritma K-Means Dan K-Medoids Dalam Penclusteran Data Penjualan Pt. United Teknologi Integrasi,” Techno.Com, Vol. 21, No. 3, 2022, Doi: 10.33633/Tc.V21i3.5845.

A. Supriyadi, A. Triayudi, And I. D. Sholihati, “Perbandingan Algoritma K-Means Dengan K-Medoids Pada Pengelompokan Armada Kendaraan Truk Berdasarkan Produktivitas,” Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), Vol. 6, No. 2, 2021, Doi: 10.29100/Jipi.V6i2.2008.

M. Terhadap Layanan Akademik Dan Kemahasiswaan, R. Kurniah, D. Yunika Surya Putra, E. Diana, P. Studi Informatika, And U. Profdrhazairin, “Penerapan Data Mining Decission Tree Algoritma C4.5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan,” Jurnal Informatika Dan Teknologi, Vol. 5, No. 2, 2022.

Q. I. Mawarni And E. S. Budi, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa,” Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (Json), Vol. 3, No. 4, 2022, Doi: 10.30865/Json.V3i4.4242.

R. E. Pawening, “Algoritma K-Means Untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan E-Learning,” Journal Of Technology And Informatics (Joti), Vol. 3, No. 1, 2021, Doi: 10.37802/Joti.V3i1.201.

K. S. H. K. Al Atros, A. R. Padri, O. Nurdiawan, A. Faqih, And S. Anwar, “Model Klasifikasi Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Online Menggunakan K-Means Dan Decission Tree,” Jurikom (Jurnal Riset Komputer), Vol. 8, No. 6, Pp. 323–329, 2021.

N. Tulus Ujianto And N. A. Ramdhan, “Implementasi Data Mining C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal Of Umus, Vol. 4, No. 01, 2022.

R. Ardiansyah, “Kepuasan Masahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Fakultas Tarbiyah Iain Parepare,” Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare, Parepare, 2021.

A. A. Fauzi, S. Lestanti, And Z. Wulansari, “Pengelompokkan Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Algoritma K-Medoids,” Jurnal Informatika Polinema, Vol. 9, No. 3, Pp. 307–314, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

1

PDF Download:

0

DOI:

10.33998/jakakom.2025.5.2.2292

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>