Analisis Persepsi Terhadap Teknologi Augmented Reality Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kota Jambi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus : SD, SMP, SMA ATTAUFIQ)

Penulis

  • Said Muhammad Fahmi1 Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Agustini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1659

Kata Kunci:

Analisis Persepsi, Technology Acceptance Model (TAM), Augmented Reality, SmartPLS

Abstrak

Teknologi merupakan suatu hal yang selalu dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Kian hari, berbagai macam teknologi baru bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi penggunaan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran Model pengukuran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis dalam penelitian ini memiliki 3 hipotesis Model dan hipotesis divalidasi melalui kuesioner online yang melihatkan 72 responden Guru di SD, SMP, dan SMA Attaufiq Kota Jambi. Data penelitian diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS versi 3.  Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Sikap dengan t-stastistik > nilai t-tabel, yakni 4.934> 1,96, Persepsi Kegunaan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Sikap dengan t-statistik > nilai t-tabel,yakni 2.647 >1,96, dan Sikap berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Niat untuk menggunakan dengan t-stastistik > nilai t-tabel, yakni 2.599 > 1,96.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Akçayır and G. Akçayır, “Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature,” Educ. Res. Rev., vol. 20, pp. 1–11, 2017, doi: 10.1016/j.edurev.2016.11.002.

A. Evangelista, L. Ardito, A. Boccaccio, M. Fiorentino, A. Messeni Petruzzelli, and A. E. Uva, “Unveiling the technological trends of augmented reality: A patent analysis,” Comput. Ind., vol. 118, p. 103221, 2020, doi: 10.1016/j.compind.2020.103221.

S. N. Hidayat and L. Kusdibyo, “Analisis Persepsi Terhadap Teknologi Augmented Reality Dalam Kegiatan Pembelajaran,” pp. 13–14, 2022.

T. Hidayat, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 1, p. 77, 2015, doi: 10.24076/citec.2014v2i1.39.

Augmented and Virtual Reality in Education Market Size, Share, and Industry Analysis AR & VR in Education Market,” 2019.

N. Yarrow, “Teknologi pendidikan Indonesia di masa COVID-19 dan selanjutnya,” East Asia & Pacific on the Rise, 2020.

N. Dian and L. Noersanti, “Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat,” Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Indones., no. 3, pp. 1–25, 2020.

R. Handayani, METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2020.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, Cet.1. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Arikunto, Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

A. Budiman and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persedian Barang di TB. Indah Jaya Berbasis Desktop,” J. Algoritm., vol. 13, no. 2, pp. 374–378, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.13-2.374.

A. Muhammad, “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Yang Dikembangkan Di Sma Negeri 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.

M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, 1st ed. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2016.

H. A. Maith, “Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 3, pp. 619–628, 2013, doi: 10.35794/emba.v1i3.2130.

M. AR, “Beginilah Sejarah Teknologi Augmented Reality,” Kumparan.com, 2018. https://kumparan.com/monster-ar/beginilah-sejarah-teknologi-augmented-reality/full

K. Fendi, “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar,” Noviembre 2018, vol. IX, no. 1, p. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.gob.mx/semar/que-hacemos

E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan,” Iqra’ J. Perpust. dan Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66

S. Sandiwarno, “Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien,” J. Ilm. FIFO, vol. 8, no. 2, p. 191, 2016, doi: 10.22441/fifo.v8i2.1314.

S. Y, “Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening Leadership style and organizational culture on performance through employee job satisfaction as an intervening variable,” I N O V a S I, vol. 15, no. 2, pp. 151–158, 2019.

Y. Sutopo, A and Slamet, Statistik Inferensial, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Selly Marselia, “Analisis kesuksesan,” 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

51

PDF Download:

46

DOI:

10.33998/jakakom.2024.4.1.1659

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>