Perancangan Game Edukasi Tangkap Huruf Alfabet Berbasis Android Pada Tk Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi

Penulis

  • Angga Firmansyah Universitas Dinamika Bangsa
  • abdul harris Universitas Dinamika Bangsa
  • Eddy Suratno Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.2.158

Abstrak

Game edukasi saat ini menjadi suatu media dan metode pembelajaran sehingga membantu seorang pendidik untuk mentransfer ilmunya agarolebihoefektifodanomudahodipahamieolehepesertaedidik. Dalam kegiatan pembelajaran pada materi pengenalan huruf alfabet di TK Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi, guruomengalamiokesulitanodalamomengajarobanyaknyaomurid yangokurang memperhatikan proses pembelajaran pengenalan huruf alfabet dikarenakan prosesopembelajaranepengenalanohuruf alfabet menggunakaneobjek kartuehuruf dan papan tulis secara berulang, yang mana membuat anak-anak merasa bosan. Sehingga pembelajaran tersebut dapat dikatakan kurang efektif. Maka dari itu untuk membantu guru dalam menyampaikan materi serta menarik minat anak anak dalam belajar, penulis merekomendasikan suatu game edukasi yang dapat membantu kegiatan belajar dengan konsep bermain sambil belajar khususnya pembelajaran mengenal huruf alfabet.iPenelitianiiniimenggunakan MetodeiAir Terjuni(waterfall). Hasilidariipenelitianiini menghasilkan aplikasiiyangemenghibur dan mendidik yang mengedukasi anak usia dini dan menambahkan media pengenalan huruf alfabet pada Tk Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi yang lebih menarik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. E. ValentinooandeYudiansyah, “PerancanganaDesainoGrafisuSebagaioMediaoPromosioPada Novena Hotel Bandung,”oTemat. -oJ.oTeknol.oInf.odanoKomun.,ovol. 7, no. 2,opp.o211–229,o2020,o[Online].oAvailable:ohttps://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/486.o

A.eSaputra,oMulyadi,oandoMartono,o“PerancanganoSistemoInformasioPenerimaanoSiswaoBaruoBerbasis Web Pada SmkoN 6oMuarooJambi,” J.oIlm. ;MediaoSISFo,ovol.o8,ono.o2,opp.o128–136,o2014, [oOnlineo]. Available:ohttp://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/download/152/147/.oA

C.oAgustinaoandoT.oWahyudi,o“AplikasioGameoPendidikanoBerbasisoAndroidoUntukoMemperkenalkan Pakaian AdatoIndonesia,” vol.o1, no. 1, pp. 01–8, 2015.

A. Suryadi, S. Tinggi, and I. Pendidikan, “PERANCANGANoAPLIKASIoGAMEoEDUKASI,” vol. 3, no. 32, pp. 8–13,o2017.

M.oYunus, I. F.oAstuti, and D. M. Khairina, “GAMEoEDUKASIoMATEMATIKAoUNTUKoSEKOLAH DASAR,” vol.o10, no. 2, pp. 59–64, 2015.

I. D.oPutu, A.oSudiatmika, A. oA. K. A. oCahyawan, and P. oW.oBuana, “AplikasioGameoEdukasioTrash Grabber UntukoMengenaloJenis-JenisoSampahoPadaoSmartphoneoBerbasisoAndroid,”ovol. 2, no. 2, pp. 215–225,o2014.

J. IlmiahoandoI. Komputa, “MEMBANGUNoGAMEoEDUKASIoSEJARAHoWALISONGO”OJurnal Ilmiah Komputer danoInformatika (oKOMPUTA ),” pp. 41–48,o2012.

P.oPrototipe,oS.oPengendalian,oL.oPada, and P.oAndroid, “Jurnaloinformatika,” vol.o4, no. 1, pp.o13–25,02016.

A.oHendini, “PEMODELANoUMLoSISTEMoINFORMASIoMONITORINGoPENJUALANoDAN STOK BARANG (STUDIoKASUS: DISTROoZHEZHAoPONTIANAK),” J.eKHATULISTIWAoInform.,ovol. IV, no. 1, p. 10,a2016,adoi:o10.2135/cropsci1983.0011183x002300020002x.

S.oMulyani,oAnalisisodanoPerancanganoSistemeInformasioManajemenoKeuanganoDaerah:oNotasi Permodelan UnifiedoModelingoLanguage (UML), 2nd ed.oBandung:oAbdioSistematika, 2016.

Putra.,oDedeoWira Trise;oANDRIANI,oRahmi.oUnifiedomodellingolanguageo(uml)odalamoperancangan sistem informasiopermohonanopembayaranorestitusiosppd.oJurnaloTeknoifoTeknikoInformatikaoInstitutoTeknologioPadang,o2019,o7.1:o32-39.

Urva, Gellysa, and Helmi Fauzi Siregar. "Pemodelan UML E-Marketing Minyak Goreng." Jurteksi Royal Edisi2 (2015).

Y. Heriyanto, “Perancangan SistemoInformasioRentaloMobiloBerbasisoWeboPadaoPT.APMoRentoCar,”oJ. Intra-Tech,ovol. o2,ono.o2,opp.o64–77,o2018.

S. R. Caresa, “AplikasioPerpustakaanoSekolahoMenengahoPertamaoNegerio11oSamarindaoBerbasisoWeb,”opp. 1–7, 2017, [oOnlineo]. Available:ohttp://repository.wicida.ac.id/id/eprint/562.

A.oNugrohooandoB.oA.oPramono, “AplikasioMobileoAugmentedoRealityoBerbasisoVuforiaoDanoUnity Pada PengenalanoObjeko3DoDenganoStudioKasusoGedungoMoUniversitasoSemarang,” J.oTransform.,ovol.o14, no. 2, p. 86,o2017,edoi:o10.26623/transformatika.v14i2.442.

H. F. E. Afianto, “PEMBUATANoAPLIKASIoKONTROLoSTOCKoOUToMENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NEToDANoSQLoSERVERoDIoPERUSAHAANoMANUFAKTURoOTOMOTIF,”oTechnol. Vol. 7, NOMORe1ePolitek.eManufaktureAstra,ono.oApril,opp.o5–24, o2016.

Livander Gamedev, "Cara Bikin Game 3D TAPI GAMPANG," 2020, 16 September source: https://www.youtube.com/watch?v=R0SDA8E-U74&list=RDCMUCeL4wDrPUJzDeftY55iUC1g&index=3

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Abstract views:

121

PDF Download:

220

DOI:

10.33998/jakakom.2022.2.2.158

Dimension Badge: