PERANCANGAN SISTEM AKADEMIK PADA SMA N 3 MUARO JAMBI BERBASIS WEB

Penulis

  • M Suham Trisatiyo Halimi Universitas Dinamika Bangsa
  • Abdul Harris Universitas Dinamika Bangsa
  • Pareza Alam Jusia Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2021.1.2.9

Abstrak

ABSTRACT

SMA 3 Muaro Jambi is one of the schools located on Jl. Palembang, Jambi No.11, Tempino, Mestong, Muaro Jambi Regency. SMA 3 Muaro Jambi with the development of various technologies in the increasingly modern city of Jambi, SMA 3 Muaro Jambi wants to create or add a wider network to make it easier for students and students to be able to see information that is not as well as known in order to reduce errors or miss communication between teachers and students ranging from attendance to all scores are listed on the website so as to provide transparent information. The current academic system is still common and unknown to teachers and students and students in the city of Jambi. Therefore, this study aims to assist SMA 3 Muaro Jambi and students in providing solutions to these problems by offering a web-based academic system platform with PHP programming and assisted by a database using mysql. For system development with the waterfall method and system tools using usecase diagrams, activity diagrams, and class diagrams. This website provides features such as information, scoring systems, attendance, subject schedules and course data. The author hopes that the website created can help teachers and students, especially those in SMA 3 Muaro Jambi.

 

Keywords: Design, Website, System, information, academic, Php, mysql

 

ABSTRAK

SMA 3 Muaro Jambi merupakan salah satu sekolah yang terletak di Jl. Palembang, Jambi No.11, Tempino, Mestong, Kabupaten Muaro Jambi. SMA 3 Muaro Jambi dengan berkembangnya bebagai teknologi di kota Jambi yang semakin modren, SMA 3 Muaro Jambi ingin membuat atau menambah jaringan yang lebih luas sehingga memudahkan para siswa dan siswi untuk dapat melihat informasi yang tidak mapun yang sudah diketahui agar mengurangi kesalahan atau miss komunikasi antar guru dan siswa mulai dari absensi hingga nilai semua nya tertera di website sehingga dalam memberikan informasi dengan transparan. Sistem akademik sekarang masih awam dan tidak banyak diketahui oleh guru maupun siswa dan siswi dikota jambi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak SMA 3 Muaro Jambi dan siswa siswi dalam memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan menawarkan platform sistem akademik yang berbasis website dengan pemrograman PHP dan dibantu dengan database menggunakan mysql. Untuk pengembangan sistem dengan metode waterfall dan alat sistem menggunakan usecase diagram, activity diagram, dan class diagram. Situs web ini menyediakan fitur-fitur seperti informasi, sistem pemberian nilai, absensi, jadwal mapel dan data mata pelajaran. Penulis berharap website yang dibuat dapat membantu pihak guru dan siswa siswi khususnya yang ada di SMA 3 Muaro Jambi.

 

Kata Kunci: Perancangan, Website, Sistem, informasi, akademik, Php, mysql

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rizky Soetam, “Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”, Jakarta: Prestasi. Pustaka, 2011

Eddy Prahasta. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi &. Geomatika). Bandung: Informatika. 2009

Pressman, Roger S. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. (Buku Satu). Yogyakarta : Andi Offset. 2002

Henri Wilson Tompodung, 2013, Pembuatan Sistem Informasi E-Commerce. Penjualan Tas dengan Pesanan Khusus.

Astuti, Puspita Dwi. 2011. Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma. Arjosari. Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi.

Muh. Rasyid Ridha. et al, 2015, Desain dan Implementasi Sistem Informasi.

Ir. Yuniar Supardi, “Semua Bisa Menjadi Programer Android Basic, Mengenal. Java dan Android”, Penerbit Buku Exel Media Komputindo, Jakarta,. 2011.

Oneto, Erima-Sugiarto, Yosep. 2009. Antigaptek Internet. Jakarta : Kawan. Pustaka. Prasetio, Adhi. 2014.

SURYANA TARYANA, KOESHERYATIN. Juli – 2014 Aplikasi Internet. Menggunakan Html, Css, &Javascript.Elex Media Komputindo.

Hernita, P . 2010. “Panduan Praktis Menguasai Pemrograman Web dengan. Javascript”.

Abdulloh, Rohi. 2016. Easy dan Simple Web Programming. Jakarta: Elex Media. Komputindo.

Yuhefizar. 2012. Cara Mudah Membangun Website Interaktif. Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi. PT. Elex Media.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30

Abstract views:

226

PDF Download:

86

DOI:

10.33998/jakakom.2021.1.2.9

Dimension Badge: