Analisis Kualitas Website Stikes Garuda Putih Kota Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Firman Syah Universitas Dinamika Bangsa
  • Ahmad Husaein Universitas Dinamika Bangsa
  • Ronald Naibaho Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1472

Kata Kunci:

website, Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Regresi Linear Berganda, Analisis; Website; E-learning; Usability; Usability Testing

Abstrak

Perkembangan IT yang pesat menjadikan website sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah lembaga pendidikan khususnya dalam hal layanan bagi aktivitas akademika, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Layanan dalam suatu sistem informasi berbasis web perlu diukur untuk mengetahui tingkat kualitas website bagi pengguna. penelitian ini, untuk menentukan kualitas website STIKES Garuda Putih Kota Jambi dalam memenuhi kebutuhan penguna kepuasaan menggunakan metode webqual 4.0. Metode yang digunakan dalam menentukan kualitas website Stikes Garuda putih kota jambi adalah metode webqual 4.0 yang terdiri dari empat variabel yakni variable usability, information quality, interaction quality dan User Satisfaction. Sampel penelitian berjumlah 173 responden. Pengambilan sampel secara acak dan berstrata. Data dikumpulkan melalui angket berisi pernyataan tentang persepsi mahasiswa terhadap website SITKES Garuda Putih kota jambi. Data yang terkumpul diolah dengan SPSS serta melakukan uji untuk mengetahui kualitas website STIKES Garuda Putihkota jambi. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh nilai variabel Intraction Quality lebih besar dibandingkan variabel Information Quality dan variabel Usability Quality, dengan begitu Variabel Intraction Quality memiliki pengaruh yang lebih besar daripada variabel yang lainnya, yang dapat dilihat dari nilai t hitung variabel Interaction Quality sebesar 5,946 dibadingkan nilai t hitung variabel Information Quality sebesar 1,510 dan variabel Usability Quality sebesar 2,838.

 

 

 

Daftar Pustaka (2015-2022)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AKPER Garuda Putih Berubah Nama Menjadi STIKES Garuda Putih,” LINTAS TUNGKAL, 20 November 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://lintastungkal.com/akper-garuda-putih-berubah-nama-menjadi-stikes-garuda-putih/

M. Jazuli dan D. Samanhudi, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI PT. XYZ,” vol. 01, 2020.

Z. Miftah dan I. P. Sari, “ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE SUS,” RDJE, vol. 1, no. 1, hlm. 40, Okt 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7076.

M. Ernawati, E. H. Hermaliani, dan D. N. Sulistyowati, “Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile,” vol. 5, no. 1, 2021.

L. C. Munggaran dan M. Raya, “Pengukuran Kualitas Situs Perguruan Tinggi Dari Sudut Pandang Pemakai Dengan Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0,” 2018.

S. G. Akbar Reyhendra. (2020) ‘Analisis Kualitas Website dengan Model Webqual 4.0 pada Pustaka.uinjambi.ac.id’.

Meiziela, Meiziela (2021) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE STAI AHSANTA JAMBI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, UNAMA.”

Rinata, Sinta Aprilia (2018) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE GLOBAL SURYA INSANI DENGAN METODE WEBQUAL 4.0.”

Kashirina, Sophie (2020) Analisis kualitas layanan pada portal universitas adiwangsa menggunakan metode webqual 4.0. Skripsi thesis, STIKOM DInamika Bangsa Jambi.”

Ramadhan M. Rafly (2022) ‘Analisi Kualitas Website SMA 1 Jambi Menggunkan Metode webqual 4.0.’”

L. A. Abdillah dkk., Metode Penelitian dan Analisis Data Comprehensive. Penerbit Insania, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=dSY5EAAAQBAJ

U. sekaran dan bougie roger, “Research Methods for Business,” 2016.

A. Syahza, Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021. 2021.

I. Purwandani dan N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” justin, vol. 9, no. 3, hlm. 300, Agu 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

K. Roz, “Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0,” vol. 8, no. 1, hlm. 41–49, Jun 2020, doi: 10.26905/jmdk.v8i1.3782.

N. M. Janna dan H. Herianto, “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS,” Open Science Framework, preprint, Jan 2021. doi: 10.31219/osf.io/v9j52.

S. Santoso, Menguasai SPSS versi 25. Elex Media Komputindo, 2019.

D. N. A. Janie, “Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS,” 2015.

D. I. W. Widana, S. Pd, M. Pd, dan P. L. Muliani, “UJI PERSYARATAN ANALISIS,” 2020.

H. MIFTACHUL ‘ULUM, ST.,MM, BUKU STATISTIK, 2018.”

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

27

PDF Download:

11

DOI:

10.33998/jakakom.2024.4.1.1472

Dimension Badge: