Analisis Kemudahan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Di Kota Jambi Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
Keywords:
Analysis of Service Quality, website, Government, SmartPls, TAMAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat memberikan dampak pada perubahan layanan organisasi maupun suatu instansi tertentu salah satunya di bidang transportasi umum. Namun terdapat perasaan kepuasan ataupun ketidakpuasan dalam menggunakan layanan transportasi umum salah satunya adalah Aplikasi Go-Jek. Pada penelitian ini dilakukan analisis kualitas layanan yang dapat menyimpulkan penilaian masyarakat khususnya pengguna Go-Jek terhadap pelayanan yang diberikan oleh Aplikasi Go-Jek Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kualitas layananpada Aplikasi Go-Jek dapat diterima atau tidak oleh pengguna. Pengukuran keberhasilan pada layanan ini ditentukan oleh tingkat kepuasan pengguna apakah pengguna tersebut memperoleh pelayanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkannya. Dalam hal ini untuk mengukur kepuasan pengguna digunakan metode TAM. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Software SmartPls. Metode analisis data statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Standar signifikan yang digunakan pada penelitian ini sebesar 5% (0.05). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga variabel independen ini yaitu Computer Anxiety, Computer Playfulness, Perceived Enjoyment berpengaruh secara signifikan terhadap Perceived Ease of Use. Maka dapat disimpulkanbahwasannya pengguna sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh Aplikasi Go-Jek.
Downloads
References
E. Halrtalti alnd J. R. No, “ALNALLISIS PENGGUNAL LALYALNALN GO-JEK DIKOTAL PALLEMBALNG,” vol. 8, 2017.
S. R. Halrtaltik alnd C. Budihalrtalnti, “ALnallisis Kepualsaln Penggunal Terhaldalp Peneralpaln ALplikalsi Go-jek Dengaln Menggunalkaln Metode TALM,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. Daln Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, Malr. 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.1653.
N. S. Malrdhiyalh, M. Rusydi, alnd P. C. ALzwalri, “ALnallisis Technology ALcceptalnce Model (TALM) Terhaldalp Penggunalaln ALplikalsi Gojek Paldal Malhalsiswal Di Kotal Pallembalng,” Esensi J. Bisnis Daln Malnalj., vol. 10, no. 2, pp. 173–180, Jaln. 2021, doi: 10.15408/ess.v10i2.16455.
Itok Ahmad Susanto, “EVALUASI PENERIMAAN FITUR LAYANAN GRAB-CAR BERBASIS ANROID SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI ONLINE MENGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” p. 124, 1989.
N. S. Mardhiyah, M. Rusydi, and P. C. Azwari, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Mahasiswa Di Kota Palembang,” Esensi J. Bisnis dan Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 173–180, 2021, doi: 10.15408/ess.v10i2.16455.
E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan,” Iqra’ J. Perpust. dan Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66
G. Gunadi and I. K. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.37365/jti.v7i1.101.
N. Dalimunthe and H. Wibisono, “ANALISIS PENERIMAAN SISTEM e-learning SMK LABOR PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN TECHOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 11, no. 1, pp. 111–117, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/564/536
T. Nempung, T. Setiyalningsih, alnd N. Syalmsialh, “Otomaltisalsi Metode Penelitialn Skallal Likert Berbalsis Web,” no. November, pp. 1–8, 2015.
Dedi Syalhputral, “PENGALRUH KEMALNDIRIALN BELALJALR DALN BIMBINGALN BELALJALR TERHALDALP KEMALMPUALN MEMALHALMI JURNALL PENYESUALIALN PALDAL SISWAL SMAL MELALTI PERBALUNGALN”.
D. Firmalnsyalh, “Teknik Pengalmbilaln Salmpel Umum dallalm Metodologi Penelitialn : Literalture Review Generall Salmpling Techniques in Resealrch Methodology : Literalture Review,” vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022.
ALssegalff Setialwaln, “Pengalruh Trust (Kepercalyalaln) daln Online Shopping Experiences (Pengallalmaln Berbelalnjal Online) terhaldalp Perilalku Konsumen dallalm Berbelalnjal Online: Prespektif Konsumen di Indonesial,” J. ALpl. Malnalj., vol. 13, no. 3, pp. 463–473, 2015.
S. ALprilisal, S. Salmsuryaldi, alnd S. Sukemi, “Pengujialn Valliditals daln Relialbilitals Model UTALUT 2 daln EUCS Paldal Sistem Informalsi ALkaldemik,” J. Medial Inform. Budidalrmal, vol. 5, no. 3, p. 1124, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3074.
F. Rohmaln alnd D. Kurnialwaln, “Pengukuraln Kuallitals Website Baldaln Nalsionall Penalnggulalngaln Bencalnal Menggunalkaln Metode Webquall 4.0,” J. Ilmu Pengetalh. Daln Teknol. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2017.
F. AL. ALlodyal ALnn Gital ALlfal1), Dewi Ralchmaltin2), “ALNALLISIS PENGALRUH FALKTOR KEPUTUSALN KONSUMEN DENGALN STRUCTURALL EQUALTION MODELING PALRTIALL LEALST SQUALRE,” Dep. Pendidik. Malt. FPMIPAL UPI, pp. 59–71, 2014, doi: 10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015.
K. Christianto, “Hubungan Dimensi Service Quality Dengan Kualitas Layanan E-Commerce Dari Sudut Pandang Konsumen Online,” Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 15–21, 2016.
S. Aprilisa, S. Samsuryadi, and S. Sukemi, “Pengujian Validitas dan Reliabilitas Model UTAUT 2 dan EUCS Pada Sistem Informasi Akademik,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 1124, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3074.