Analisa Dan Perancangan Mobile APP Unit Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara

Penulis

  • Said takhir Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Fachruddin Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2366

Kata Kunci:

Kata Kunci: Aplikasi Pengaduan, Mobile App, UML, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Waterfall

Abstrak

Abstrak Sistem pengaduan masyarakat merupakan media penting dalam menampung aspirasi, kritik, dan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan publik. Namun, proses pengaduan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara masih dilakukan secara manual, sehingga kurang efektif dan efisien dalam hal pencatatan, pemantauan, serta tindak lanjut pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan merancang sistem aplikasi mobile berbasis Android untuk Unit Pengaduan Masyarakat agar mempermudah proses penyampaian dan penanganan pengaduan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall, dengan alat bantu perancangan berupa UML (Unified Modeling Language) seperti use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan aplikasi pengaduan yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan publik dengan menyediakan alur pengaduan yang terstruktur, penyimpanan data pengaduan yang terdokumentasi, serta notifikasi tindak lanjut kepada pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. D. G. A. S. N. dan I. M. R. Suryanegara, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Publik,” J. Sist. Informasi, vol. 15, n, pp. 12–19, 2019.

M. R. Hasibuan, “Sistem Informasi untuk Pengelolaan Pelayanan Masyarakat Berbasis Aplikasi Mobile,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no, pp. 147–153,.

P. A. Purnomo, A. M., Priyambadha, B., & Kharisma, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan PDAM Menggunakan Fitur Geotagging Berbasis Android (Studi Kasus: PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur).,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. Vol.3 No., pp. 3498–3504, 3(4), 3498–3504., 2019.

dan R. A. M. Purnomo, D. Mulyono, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pelayanan Konsumen PDAM Berbasis Geotagging,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no, pp. 303–310, 2019.

dan D. W. A. Maulana, N. Andini, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk Layanan Kelurahan Rangkapan Jaya Menggunakan MySQL,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 6, no, pp. 88–94, 2020.

dan D. W. M. Mu’tashim, H. R. Setiawan, “Pengembangan Mobile App untuk Sistem Pelayanan Masyarakat di Balai Besar POM,” J. Teknol. Inf. dan Komputer, vol. 4, no, pp. 21–29, 2020.

B. Alamsyah, “RENCANA STRATEGIS DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA UTARA.,” J. Ilm. Smart, vol. III, no. (2), pp. 68–80, 2019.

H. Mu’tashim, M. A., Anra, H., & Priyanto, “Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat pada Balai Besar POM Kota Pontianak Berbasis Mobile,” J. Sist. Dan Teknol. Inf., vol. 8(1), p. 98, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.26418/justin.v8i1.38165

B. E. 2. Destriana, R., Taufiq, R., & Suryana, “Rancang Bangun Sistem Informasi Document Management System pada LKP ITC-PCB Berbasis WEB Menggunakan UML dan PHP,” J. Inov. Inform., vol. 5(1), pp. 64–71, 2020, doi: https://doi.org/10.51170/jii.v5i1.35.

G. Umum, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Medan, 2017. doi: http://disperindag.sumutprov.go.id/gambaran-umum.html.

S. Organisasi., Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Diakses pada 17 Juli 2017, 2019. [Online]. Available: http://disperindag.sumutprov.go.id/struktur-organisasi-disperindagsu.html.

A. Hendini, “PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK).,” J. KHATULISTIWA Inform., vol. IV (2), pp. 107–16, 2016, doi: doi: 10.1145/358315.358387.

B. Ir.Zefriyenni, & Santoso, “istem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Persediaan Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Eoq) Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Dan Database Mysql Pada Toko Kansa Elpiji,” KomTekInfo Fak. Ilmu Komput., vol. 2(2), pp. 23–32, 2015.

S. Jasmir Jasmir, Said Hambali Takhir, “‘Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Yayasan Rusyda Medi Andri Medan,’” J. Sist. Inf. TGD, vol. 4 no.1, pp. 45–54, 2025.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik.,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 5(1), p. 77, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610

M. F. M. A. Said Hambali Takhir, “School Administration Services Information System At Muhammadiyah DIKDASMEN TEGAL SARI II WEB-BASE,” J. Inf. Syst. Technol. Res, vol. 1 no.3, pp. 141–149, 2022.

and A. H. H. Samsudin, Samsudin, Muhammad Dedi Irawan, “Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc,” J. Teknol. Inf., vol. 3(2), p. 141, 2019, doi: doi: 10.36294/jurti.v3i2.1009.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

0

PDF Download:

0

DOI:

10.33998/jakakom.2025.5.2.2366

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>