Klasifikasi Data Mining Dalam Menentukan Produk Vapor-Juice Terlaris Menggunakan Naïve Bayes

Penulis

  • Hendri Universitas Dinamika Bangsa
  • Akbar Aldino Wijaya Universitas Dinamika Bangsa
  • Kurniabudi Universitas Dinamika Bangsa

Kata Kunci:

Data Mining, Klasifikasi, Kelarisan, Naïve Bayes

Abstrak

Vape Shop merupakan salah satu toko Vapor (rokok elektrik) yang berada di kota Jambi yang menjual berbagai perlengkapan Vapor. Banyaknya produk Vapor-Juice yang ada, membuat Vape Shop mengalami kesulitan untuk menentukan Vapor-Juice apa saja yang terlaris dalam 8 bulan terakhir. Tujuan dari studi ini merupakan buat mengklasifikasikan serta mengupas data-data produk Vapor-Juice, yang diharapkan memberi manfaat untuk mengetahui tingkat kelarisan pada produk-produk yang ada di Vape Shop. Studi ini mengenakan prosedur Naive Bayes. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa klasifikasi Naïve Bayes menggunakan Tools WEKA didapatkan akurasi teratas yang diperoleh dengan menggunakan Test Option, Use Training Set dan Percentage Split 60%, dengan persentase akurasi yang sama yaitu 80% untuk Correctly Classified Instances, dan 20% untuk Incorrectly Classified Instances.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. Nawangsih dan Setyaningsih Asti, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN KLASIFIKASI PRODUK TERLARIS PADA PENJUALAN PULSA,” Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10, hal. 195–207, 2020.

I. Romli, E. Pusnawati, dan U. P. Bangsa, “Penentuan Tingkat Penjualan Mobil Di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sains, vol. x, no. x, 2019.

H. D. Wijaya dan S. Dwiasnati, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes pada Penjualan Obat,” J. Inform., vol. 7, no. 1, hal. 1–7, 2020, doi: 10.31311/ji.v7i1.6203.

N. Pransiska, A. H. Mirza, dan Andri., “PENERAPAN DATA MINING PREDIKSI PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK TERLARIS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES ( Study Kasus : Planet Cash And Credit Cabang Muara Enim ),” Bina Darma Conf. Comput. Sci., hal. 2157–2169, 2016, [Daring]. Tersedia pada: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=PENERAPAN+DATA+MINING+PREDIKSI+PENJUALAN+BARANG+ELEKTRONIK+TERLARIS+MENGGUNAKAN+ALGORITMA+NAÏVE+BAYES+%28+Study+Kasus+%3A+Planet+Cash+And+Credit+Cabang+Muara+Enim+%29+Bina+Darma+Conference+on+Compute.

M. M. Effendi, W. Hadikristanto, dan R. Adelia, “PENERAPAN DATA MINING DALAM MEMPREDIKSI PEMBELIAN T-SHIRT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.,” Teknol. Pelita Bangsa, no. 5, hal. 613–616, 2018, doi: 10.7868/s0869565218050249.

Nurdin dan D. Astika, “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe,” vol. 6, no. 1, hal. 134–155, 2015, doi: 10.29103/TECHSI.V7I1.184.

A. Saleh, “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 3, hal. 207–217, 2015.

N. Adhika, “Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining Dalam,” KNiST, vol. XIV, no. 2, hal. 120–129, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

26

PDF Download:

22

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>