Analisis Kesuksesan Aplikasi Noice Terhadap Pengguna DiKota Jambi Menggunakan Metode DeLone and Mclean

Penulis

  • Ridho Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Agustini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1660

Kata Kunci:

Analisis; Kesuksesan; Noice; DeLone and McLean;

Abstrak

Noice adalah sebuah perusahaan yang berada di bawah naungan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Noice menyediakan sebuah aplikasi yang merupakan platform digital untuk konten audio Indonesia, seperti Radio, Musik, dan Podcast. Noice memiliki misi untuk menjadi tempat bagi para kreator lokal dan mengembangkan ekosistem kreator lokal yang berkualitas. Dengan demikian, Noice dapat disebut sebagai rumah pertama untuk konten audio di Indonesia. Aplikasi ini cukup populer di kalangan penggemar podcast dan pendengar audio digital. Meskipun banyak pengguna yang merasa senang dengan aplikasi Noice , tetapi ada juga pengguna yang memberikan kritik terhadap aplikasi ini. Beberapa pengguna mengeluh tentang aplikasi yang sering keluar sendiri saat mendengarkan podcast dan banyaknya iklan di dalam aplikasi yang mengganggu pengalaman pengguna serta kualitas suara yang kurang baikmetode Delone and mclean digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi situs web dengan memperhitungkan beberapa variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat keberhasilan aplikasi Noice . Model pengukuran delone dan mclean dengan 6 variabel digunakan dan divalidasi melalui survei online yang melibatkan 100 pengguna aplikasi Noice. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode Model Persamaan Struktural (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 6 hipotesis (H1, H3, H4, H6, H8, dan H9) memiliki dampak yang signifikan karena nilai T-Statistiknya > 1,96 dan P-Values < 0.05, Tidak ada hubungan yang bermakna antara variabel untuk 3 hipotesis (H2, H5, dan H7) karena nilai T-Statistic-nya lebih kecil dari 1,96 dan P-Values lebih besar dari 0.05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dzuhrina dan M. Adv, “JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG,” hlm. 9.

G. A. A. Wisudiawan, “ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN,” no. 1, hlm. 5.

“Rumanintya Lisaria Putri: Peningkatan Kualitas Produk....,” hlm. 16.

S. Yamin dan H. Kurniawan, “SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS,” Jakarta: Salemba Infotek, 2009.

T. Wurisastuti dan R. Mubasyiroh, “Peran Dukungan Sosial Pada Ibu Dengan Gejala Depresi Dalam Periode Pasca Persalinan,” Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, vol. 23, no. 3, hlm. 161–168, 2020.

E. B. Susilowati dan B. E. Purnama, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pasien Rumah Sakit Umum Nirmala Suri Sukoharjo,” Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 3, no. 4, 2017.

G. A. A. Wisudiawan, “Analisis faktor kesuksesan sistem informasi menggunakan model delone and mclean,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 2, no. 1, 2015.

S. Rohman dan L. Lasimin, “DeLone dan McLean Model untuk Analisa Keberhasilan Website Resmi Kabupaten Wonosobo,” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, vol. 6, no. 3, hlm. 191–197, 2019.

I. Pujihastuti, “Prinsip penulisan kuesioner penelitian,” CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, vol. 2, no. 1, hlm. 43–56, 2010.

R. D. Risanty dan A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling,” Prosiding Semnastek, 2017.

A. A. Waspodo, N. C. Handayani, dan W. Paramita, “Pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan pt. Unitex di bogor,” JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, vol. 4, no. 1, hlm. 97–115, 2013.

M. Ansori, Metode penelitian kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press, 2020.

I. N. Sulistiyari, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Niat Beli Produk Nokia.” Skripsi, 2017.

P. D. Sugiyono, “Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D,” Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, vol. 225, 2017.

N. D. Pratama, A. Abdurahim, dan H. Sofyani, “Determinan Efektivitas Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja dan Penyerapan Anggaran di Pemerintah Daerah,” Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, vol. 8, no. 1, hlm. 9–24, 2018.

J. M. Hudin dan D. Riana, “Kajian keberhasilan penggunaan sistem informasi accurate dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi delon dan mclean,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, hlm. 1–8, 2016.

K. D. S. Susilowati, T. Candrawati, dan A. Afandi, “Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Direksi terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia),” JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), vol. 4, no. 2, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

102

PDF Download:

72

DOI:

10.33998/jakakom.2024.4.1.1660

Dimension Badge: