Penerapan Social Media Marketing berbasis RACE Framework dalam Peningkatan Brand Equity Usaha Ghost Kitchen @pikbakinghouse Jakarta

Penulis

  • Wahya Iffa Lubis universitas graha karya
  • muryati universitas graha karya

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2025.4.2.2463

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi Social Media Marketing (SMM) berbasis kerangka RACE (Reach, Act, Convert, Engage) dalam membangun brand equity pada bisnis ghost kitchen @pikbakinghouse yang dimiliki oleh seorang pengusaha kuliner yaitu Ci Mehong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis untuk memahami secara mendalam pengalaman dan makna subjektif dari strategi pemasaran digital yang dijalankan. Data diperoleh melalui observasi akun media sosial serta dokumentasi konten digital yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat tahapan dalam model RACE dijalankan secara holistik dan terintegrasi. Tahap Reach dilakukan melalui konten visual yang otentik tanpa editan dan kolaborasi dengan influencer untuk menjangkau audiens baru. Tahap Act diwujudkan melalui interaksi saat Live sehingga dapat membangun keterlibatan emosional pelanggan. Pada tahap Convert, proses pemesanan yang efisien dan narasi urgensi meningkatkan persepsi kualitas dan kepercayaan terhadap @pikbakehouse. Terakhir, tahap Engage memperkuat loyalitas melalui interaksi personal, repost konten pelanggan, serta pendekatan humanis yang konsisten melalui konten vidio story maupun reels setiap hari. Penulis menyimpulkan bahwa strategi SMM berbasis RACE tidak hanya meningkatkan visibilitas dan transaksi, tetapi juga memainkan peran penting dalam membentuk dan mempertahankan brand equity, terutama dalam konteks bisnis digital tanpa ruang fisik yakni ghost kitchen. Penulis ini juga menyoroti pentingnya autentisitas, responsivitas, dan pendekatan emosional dalam membangun hubungan jangka panjang antara brand dan konsumen di era media sosial.

Kata kunci: Social Media Marketing, RACE framework, brand equity, ghost kitchen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Abdallah, Ghaith, Ismael, Mariwan, & Attieh, Latifa. (2024). Social Media marketing and restaurants’ brand equity after COVID-19: A revitalizing model. Journal of Vacation Marketing, 13567667241277208. https://doi.org/10.1177/13567667241277207

Al-Gasawneh, J., Gharaibeh, M., Enaizan, O., Ahmad Al-Gasawneh, J., & Khlaif Gharaibeh, M. (2021). The impact of social media marketing on brand equity: A systematic review. In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education __________________________________________________________________________________ 4073 Research Article (Vol. 12, Issue 6). https://www.researchgate.net/publication/352197644

BİLGİN, Y. (2018). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES ON BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE AND BRAND LOYALTY. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1). https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Felix, R., Rauschnabel, P., & Hinsch, C. (2017). Elements of strategic social media marketing: A holistic framework. Journal of Business Research, 70, 118–126. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.05.001

Jayasuriya, N., Ferdous Azam, S. M., & Anupama Jayasuriya, N. (2017). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: A Study of Fashion-Wear Retail in Sri Lanka International Review of Management and Marketing The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: A Study of Fashion-Wear Retail in Sri Lanka. International Review of Management and Marketing, 7(5), 178–183. http:www.econjournals.com

John W. Cresswell. (2018). Research Design.

Kim, Y.-E., Lee, J.-W., Lee, Y.-K., 金荣伊, 李正院, 李勇基, 김영이, 이정완, & 이용기. (2008). Relationship between Brand Personality and the Personality of Consumers, and its Application to Corporate Branding Strategy. Journal of Global Academy of Marketing Science, 18(3), 27–57. https://doi.org/10.1080/12297119.2008.9707516

Lubis, W., & Fazri, A. (2022). PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRAND SEBAGAI STRATEGI PENJUALAN PRODUK UMKM (STUDI DESKRIPTIF PADA UMKM CAKE BY NADIA). Jurnal ManajemenTerapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(02).

Mikul, & Mittal, Ishwar. (2023). The Saga of Brand Equity: A Comprehensive Bibliometric Analysis. NMIMS Management Review, 31(3), 165–177. https://doi.org/10.1177/0974150X231205447

Taiminen, H., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22, 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-04

Abstract views:

32

PDF Download:

20

DOI:

10.33998/jumanage.2025.4.2.2463

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama