Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Smartphone Oppo Terhadap Keputusan Pembelian di Politeknik Cendana
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1719Abstrak
Penelitian ini mengidentifikasi masalah mengenai Adakah pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo di kalangan mahasiswa Politeknik Cendana?. Guna akan riset ini untuk mengetahui apakah keputusan pembelian produk smartphone Oppo di kalangan mahasiswa Politeknik Cendana dipengaruhi oleh Citra Merek dan Kualitas Produk. Metode kuantitatif asosiatif dipakai dalam riset ini. Memakai kuesioner sebagai teknik pengumpulan data, tertutup dan sampel penetlitian ini adalah mahasiswa Politeknik Cendana yang berjumlah 75 sampel, berdasarkan hasil dari perhitungan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian diperoleh uji korelasi Citra Merek ke Keputusan Pembelian, dan Kualitas Produk ke Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari hasil yang didapatkan adalah Citra Merek dan Kualitas Produk sama-sama memiliki korelasi yang kuat terhadap Y. Menurut hasil dari Uji T angka probabilitas Kualitas Produk dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian akan tetapi Citra Merek tidak. Hasil dari Uji F, angka probabilitas signifikan berarti Keputusan Pembelian dipengaruhi secara simultan.
Unduhan
Referensi
Anggraini, T., & Friska, R. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CENDANA HOMESTAY. Proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH), 414–423.
Chalil, R. D., Sari, J. D. P., Ulya, Z., & Hamid, A. (2020). Brand, islamic branding, & re-branding. Depok: Depok Rajawali Pers.
Evelyn, J., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CV OMAMA OPAPA FOOD INDUSTRY. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts.
Farikhin, M., & Prabowo, R. E. (2019). Performa Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Mobil Honda Brio Satya di Kota Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2).
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.
Lo, C., Lisa, L., Yuliana, Y., & Wijaya, R. (2023). The Influence of Product Quality on Purchasing Decision towards K-Pop Album and Merchandise. Cendana International Conference on Social and Technology, 28–41.
Mahendra, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU HANNOCHS DI TOKO SAMARINDA INDAH. Proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH), 320–329.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183–188.
Priyatno, D. (2018). SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum (Giovanny, Ed.; 1st ed.). Andi.
Rustam, T. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Spare part pada Bengkel Aneka Motor Kabupatan Padang Pariaman. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 3(2), 320–328.
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, S., Arwin, A., Yuliana, Y., Utama, T., & Cindy, C. (2022). Analysis Of Product Quality In Manisan Sumatra, Medan. Proceedings of The1st International Conference on Management, Education, Social Science, Economics and Technology (ICMEST), Jakarta, July26, 2022.
Viola Syahputri. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian di PT. Mega Inovasi Jayatama (911 Car).
Yuliana, Y., & Arwin, A. (2024). Determinan adopsi e-commerce pada UMKM menggunakan technology-organization-environment (TOE) framework. Insight Management Journal, 4(2), 38–46.
Yultavera, T., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MANISAN SUMATERA, MEDAN. ESCAF, 1(1), 369–375.