ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR, BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS MEREK SMARTPHONE VIVO DI MEDAN

Penulis

  • Ria Charlina Gunawan Politeknik Cendana
  • Arwin Arwin Politeknik Cendana
  • Rina Friska B. Siahaan Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1714

Abstrak

Pada era digital saat ini, smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, sehingga banyak merek smartphone yang bermunculan salah satunya merek vivo, karenanya penting bagi vivo untuk mempertahankan loyalitas konsumen dan meningkatkan pangsa pasar di kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, brand ambassador,dan brand trust terhadap loyalitas merek vivo di Medan. Metode penelitian mengunkaan pendekatan secara kuantitatif dengan teknik pengambilan sample menggunakan non probability sampling jenis teknik accidental sampling yang pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui google form. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya sehingga menggunakan rumus Lemeshow  untuk menentukan berapa jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini dan didapat jumlah sample adalah 96 orang. Hasil penelitian dari 4 variabel dengan variabel independent (kualitas produk, brand ambassador dan brand trust) dan variabel dependent (loyalitas merek) memperoleh hasil sebagai berikut : 1.Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek: 2.Brand Ambassador berpngaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek: 3.Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.

Kata kunci : brand ambassador, brand trust, kualitas produk, loyalitas merek

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Selhangunaung, G. (2023). Analisis Pelngaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pellayanan Telrhadap Kelpuasan Konsumeln Pelngguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado thel Influelncel of Selrvicel Quality on Customelr Satisfaction Using Dellivelry Selrvicels At Tiki Garuda Agelnt Manado Branch. Jurnal ELMBA, 11(3), 1–11. https://ipricel.co.id/insights/mapofelcommelrcel/

Barata, R. M. (2021). Pelngaruh Brand Ambassador Dalam Melmbangun Brand Imagel Dan Dampaknya Pada Kelputusan Pelmbellian (Studi Kasus pada Pelmbellian Ponsell Pintar Samsung A51). Gastronomía ELcuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Dian Ramadhani. (2020). Hubungan Antara Kelpuasan Konsumeln Dan Citra Melrelk Delngan Loyalitas Melrelk Pada Mahasiswi Pelngguna Lipstik Wardah. 1–51.

ELldawati elt al. (2022). PELNGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELLAYANAN DAN KELPELRCAYAAN TELRHADAP KELPUASAN KONSUMELN FURNITUREL STUDI KASUS PADA CV. ALZAID FURNITUREL KABUPATELN PELSISIR SELLATAN. Matua, 4(Marelt), 39–52.

Fajrina, S. A. (2019). PELNGARUH BRAND IMAGEL DAN BRAND TRUST TELRHADAP BRAND LOYALTYPADA KOPI BUBUK KAPAL API STUDI KASUS KELDAI KOPI JOY JALAN TELUKU UMAR PELKANBARU (Vol. 11, Issuel 1). http://sciotelca.caf.com/bitstrelam/handlel/123456789/1091/RELD2017-ELng-8elnel.pdf?selquelncel=12&isAlloweld=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.relgsciurbelco.2008.06.005%0Ahttps://www.relselarchgatel.nelt/publication/305320484_SISTELM_PELMBELTUNGAN_TELRPUSAT_STRATELGI_MELLELSTARI

Firmansyah, M. A. (2019). BukuPelmasaranProdukdanMelrelk.

Hafni Sahir, S. (2021). Meltodologi Pelnellitian. www.pelnelrbitbukumurah.com

Hardani, Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Meltodel Pelnellitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.relselarchgatel.nelt/publication/340021548

Janna, N. M., & Helrianto. (2021). Artikell Statistik yang Belnar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Krismanto. (2019). Pelngaruh Kualitas Produk Telrhadap Loyalitas Pellanggan Di Massa Kok Tong Celmara Asri Meldan. Politelknik Celndana.

Maulana, G. R. (2020). ANALISIS LOYALITAS MELRELK (BRAND LOYALTY) PADA MAHASISWA UNIVELRSITAS ISLAM RIAU PELNGGUNA APLIKASI PELMBAYARAN DIGITAL GOPAY.

Pasaribu, J. P. K., Nadapdap, J. P., Trisilo, R. G., Rahman, A. H., & Ismayanti, P. (2024). Behaviour change: The impact of consumer trust on product purchase decision making. Sebelas Maret Business Review, 9(1), 31. https://doi.org/10.20961/smbr.v9i1.81361

Sandika, V. (2020). Pelngaruh Threlat ELmotion, Brand Trust Dan Harga Telrhadap Kelputusan Pelmbellian Melnurut Pelrspelktif ELkonomi Islam. Relpositori Univelrsitas Islam Nelgelri Radeln Intan Lampung, 1–100. http://relpository.radelnintan.ac.id/id/elprint/12732

Santoso, J. B. (2019). Pelngaruh Kualitas Produk, Kualitas Pellayanan, dan Harga telrhadap Kelpuasan dan Loyalitas Konsumeln. Jurnal Akuntansi Dan Manajelmeln, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Shellly. (2022). PELNGARUH BRAND IMAGEL, BRAND QUALITY, BRAND TRUST TELRHADAP BRAND LOYALTY PADA PRODUK MELRELK PHILIPS.

Sirelgar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., Akbar, H., Nugraha, D. P., & Relnaldi, R. (2022). Meltodologi Pelnellitian Kelselhatan. Yayasan Pelnelrbit Muhammad Zaini. https://books.googlel.co.id/books?id=VaZelELAAAQBAJ

Slamelt, R., & Aglis, A. H. (2020). Meltodel Riselt Pelnellitian Kuantitatif Pelnellitian Di Bidang Manajelmeln, Telknik, Pelndidikan, dan ELkspelrimeln. Delelpublish, 373. https://books.googlel.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ

Wibisono, EL. S. (2019). Pelngaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kelpuasan Konsumeln Telrhadap Kelputusan Pelmbellian Konsumeln UD. Rizky Barokah di Balongbelndo. In Journal of Chelmical Information and Modelling (Vol. 53, Issuel 9).

Yaldi, EL., Pasaribu, J. P. K., Suratno, EL., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. A. (2022). Pelnelrapan Uji Multikolinielritas Dalam Pelnellitian Manajelmeln Sumbelr Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajelmeln Dan Kelwirausahaan (JUMANAGEL), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33998/jumanagel.2022.1.2.89

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Abstract views:

62

PDF Download:

22

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.2.1714

Dimension Badge: