Pengaruh Brand Ambassador dan Harga Terhadap Niat Beli Konsumen Scarlett (Gereja Polonia)

Penulis

  • Nathalia Cinta Sari Sirait Politeknik Cendana
  • Fahmi Sulaiman Politeknik Cendana
  • Anggia Arif Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Medan

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1712

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh brand ambassador dan harga jual terhadap niat beli konsumen Scarlett di Gereja Polonia. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya niat beli konsumen meskipun brand Scarlett menggunakan brand ambassador terkenal dan menawarkan harga jual yang kompetitif. Berdasarkan teori pemasaran, brand ambassador yang efektif dapat meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen, sementara harga yang sesuai dapat mendorong keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada sekitar 30 responden yang merupakan jemaat Gereja Polonia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh variabel independen (brand ambassador dan harga jual) terhadap variabel dependen (niat beli). Hasil temuan menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh positif sebesar 45% terhadap niat beli, sedangkan harga jual memberikan kontribusi sebesar 30%. Kombinasi kedua variabel ini menjelaskan 75% dari variasi niat beli konsumen pada tahun 2023. Pembahasan hasil temuan menunjukkan bahwa brand ambassador yang dipilih mampu membangun kepercayaan dan citra positif bagi produk Scarlett, sehingga meningkatkan niat beli. Harga jual yang kompetitif juga berperan penting dalam menarik minat konsumen, terutama di kalangan jemaat gereja yang cenderung mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa baik brand ambassador maupun harga jual memiliki peran signifikan dalam mempengaruhi niat beli konsumen. Penelitian ini merekomendasikan agar Scarlett terus menggunakan brand ambassador yang relevan dan mempertahankan strategi harga yang kompetitif untuk meningkatkan niat beli di masa depan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annung Purwati, M. M. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADORDAN BRAND IMAGETERHADAP MINAT BELI YANG BERDAMPAK PADAKEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita.

Yaldi, E., Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. A. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.89

Febriani, A., & Cahya, H. N. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 150-162. Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS

Hairudin, H. (2023). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN SUBSIDI VILLA SUTRA. Jurnal Akuntansi .

Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta : Trussmedia Grafika.

Jasmalinda. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MOTOR YAMAHA DI KABUPATEN PADANG PEMBELIAN KONSUMEN MOTOR YAMAHA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Inovasi Penelitian .

Kotler, P. &. (2019). PrinsipPrinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga .

Maulana & Lestariningsih, (. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlet Whitening .

Maulana, L. (2021). PENGARUH HARGA, BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Oktavia, C. (2023 ). PENGARUH BRAND AMBASSADORSONG JONG KI DAN BRAND IMAGESCARLETT WHITENINGTERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Ilmu Komunikasi .

Pasaribu, J. P. K. (2022). Dampak Dari Keterlibatan Menggunakan Listrik Pintar Dari Daya Beli Masyarakat Pada Ekonomi Rumah Tangga. Management and Sustainable Development Journal, 4(1). https://doi.org/10.46229/msdj.v4i1.427

Pasaribu, J. P. K., Nadapdap, J. P., Trisilo, R. G., Rahman, A. H., & Ismayanti, P. (2024). Behaviour change: The impact of consumer trust on product purchase decision making. Sebelas Maret Business Review, 9(1), 31. https://doi.org/10.20961/smbr.v9i1.81361

Paul, J., & Gustina, M. (2022). Model Keterlibatan Menggunakan Listrik Pintar Pada Rumah Tangga : Fungsi , Psikologi Terhadap Nilai. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 1–6.

Rahma, A. N., & Firdaus, V. F. (2023). Influence of Brand Ambassador, Brand Image, and Price on Purchase Decisions on Skincare Product Consumer Scarlett Whitening in Sidoarjo: Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Produk Skincare Scarlett Whitening Di Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://doi.org/10.21070/ups.3573

Riska Sari Melati, R. S. (2020). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOOPE ( Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Rosyadi, A. (2021). PERAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND AWERENES . Jurnal Manajemen dan Bisnis:.

Wina Aprianti, K. I. (2023 ). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness danBrand Imageterhadap Keputusan Pembelian SkincareScarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Abstract views:

40

PDF Download:

107

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.2.1712

Dimension Badge: