Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap E-Impulse Buying Mahasiswa Politeknik Cendana Pada Aplikasi Shopee

Penulis

  • WINNY NATALIE Politeknik Cendana
  • Dewi Anggraini
  • Supriyanto

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2025.4.1.1713

Abstrak

E-Commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online). Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce. Salah Satu Perusahaan E-Commerce yang berkembang pesat di Indonesia ialah Shopee. Di Indonesia sendiri, pamor Shopee mampu bersaing dengan marketplace lain yang ada di Indonesia. Berkembangnya E-Commerce Shopee, mengakibatkan perubahan hedonic shopping motivation serta shopping lifestyle, karena mudahnya akses terhadap e-commerce shopee dalam berbelanja. E-Impulsive Buying juga menjadi salah satu faktor yang meningkat drastis. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dengan E-impulsive buying pada aplikasi shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner, Jumlah Responden / Sampel adalah sebanyak 91 mahasiswa/I Politeknik Cendana. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Motivation berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse buying pada shopee, Shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse buying pada shopee, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse buying. Selain itu, hasil penelitan juga menunjukkan bahwa pengujian koefisien determinasi atau R square menujukkan nilai persentase sebesar 90,3% yang artinya E-Impulse buying dipengaruhi 90,3% oleh variabel Hedonic Shopping Motivation dan Shopping lifestyle.

 

Kata kunci: Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, E-Impulse buying

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ghozali, M., & Umami, A. I. (2022). Model Penafsiran Quraish Shihab terhadap Pemaknaan dan Pemahaman Al-Quran dalam Chanel Youtube Najwa Shihab. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(2), 123. https://doi.org/10.22373/substantia.v24i2.14457

Irawan, D. O., Arifin, R., & Basalamah, M. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse buying (Studi Kasus Pada Mahasiswi Yang Pernah Berkunjung Ke Center Point Di Mall Olympic Garden Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, Vol.09(No.04), 152–167.

Maghfiroh, A., & Riptiono, S. (2019). Analisis Pengaruh Variety Of Selection Terhadap E Impulse Buying Dengan Web Browsing Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Bukalapak Di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 25–38.

Mangantar, A. A. ., Mangantar, M., & Baramuli, D. N. (2020). Pengaruh Return on Asset, Return on Equity Terhadap Return Saham Pada Subsektor Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 272–281.

Meliza, W. (2023). PENGARUH VARIETY OF SELECTION, HEDONIC SHOPPING MOTIVIES DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP E-IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN MARKETPLACE SHOPEE. Universitas Putra Bangsa.

Nafisah, T. A. (2021). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA STORE DHY HIJAB JOMBANG). STIE PGRI Dewantara Jombang.

Octaviana, A. R., Komariah, K., & others. (2022). Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1961–1970.

Pablo, S. (2018). Pengusaha: Industri Ritel Semester I-2018 Tumbuh 7-7,5%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180622163406-4-20125/pengusaha-industri-ritel-semester-i-2018-tumbuh-7-75

Poluan, F. J., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 8(2), 113–120.

Pramesti, A. D., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Perilaku Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 945–962.

Purnamasari, L. S., Somantri, B., & Agustiani, V. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Shopee. Co. Id (Studi Kasus di Lingkungan Mahasiswa Kota Sukabumi). Cakrawala Repositori IMWI, 4(1), 36–48.

Rachman, T. (2018). Pengaruh Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Waringin Argo Jaya OKI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Rahma, W. S., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap E-Impulse Buying Mahasiswi Universitas Negeri Padang pada Lazada. co. id. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(01), 276–282.

Sukriya, H. (2023). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPLUSE BUYING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN AYUCITRA BYMONOKROM JOMBANG). STIE PGRI Dewantara Jombang.

Tuzzahra, M. N., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora di Kota Medan. Jurnal SALMAN (Sosial Dan Manajemen), 1(3), 19–30.

Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2018). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR KONSUMEN WANITA DI MTC MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Yulinda, A. T., Rahmawati, R., & Sahputra, H. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1315–1326.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-26

Abstract views:

200

PDF Download:

73

DOI:

10.33998/jumanage.2025.4.1.1713

Dimension Badge: