Pengaruh Brand Image, Price, Trust Terhadap Purchase Intention Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 22 di Politeknik Cendana)

Penulis

  • ADINDA PUTRI PATRICIA POLITEKNIK CENDANA
  • DEWI ANGGRAINI
  • SUTARNO

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1707

Abstrak

Majunya teknologi dan aruh informasi membuat masyarakat Indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global. Berbagai macam peningkatan teknologi semakan memperlihatkan kemajuan yang sangat cepat dimana semua kegiatna sehari-hari yang dilakukan semua bisa di lakukan dengn mudah dan cepat hanya dengan mengakses internet. Munculnya toko online mendukung trend dan mode di Indonesia. Perubahan perilaku masyarakat dalam e-commerce merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Salah satu aplikasi online yang menerapkan konsep e-commerce terbesar di Indonesia adalah Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Pengaruh Brand Image, Price, Trust Terhadap Purchase Intention Konsumen Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Non-Probability Sampling dan jenis pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 82 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesa. Penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee pada Mahasiswa Cendana Angkatan 22.itu 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce dengan Jumlah Kunjungan Situs Terbanyak di Indonesia (Kuartal IV 2022). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022#:~:text=Berdasarkan data SimilarWeb%2C Shopee merupakan,191 juta kunjungan pada Desember.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Anjarwati, R., & Safri. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Beban Operasional Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus PT Pegadaian Bekasi Periode 2020). JIMA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 127–136.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

El-Said, O. A. (2020). Impact of online reviews on hotel booking intention: The moderating role of brand image, star category, and Price. Tourism Management Perspectives, 33(March 2019), 100604. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100604

Faridhotul Latifah. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE, PRICE, TRUST, DAN VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN TOKOPEDIA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. July, 1–23.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani. Jakarta: Erlangga.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950

Monavia Ayu Rizaty. (2023). Transaksi e-Commerce RI Tak Capai Target pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/transaksi-ecommerce-ri-tak-capai-target-pada-2022

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi : 59, 59, 290572. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php

Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837–848. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29832

Novitasari, R. (2021). Uji simultan dan parsial. 24–41.

Oktri. (2020). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKIN CARE PADA KLINIK KECANTIKAN ERTOS BUARAN. Metode Penelitian, 32–41.

Pandanwangi, S. S. (2018). Usulan Nilai Relatif Jabatan Dengan Menggunakan Metode Poin Pada R.M Ayam Geprek Bu Sastro. Journal of Applied Business Administration, 1, 1–197. http://repository.unika.ac.id/17266/1

Philip Kotler. (2019). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.ac.id

Solihin, D. (2020). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mowen, J. C., & Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga. Jurnal Mandiri, 4(1), 38–51.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.

Teknovidia. (2023). Profil dan Sejarah Perusahaan Shopee. Teknovidia.Com. https://www.teknovidia.com/profil-sejarah-shopee/

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 11–18.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Abstract views:

96

PDF Download:

41

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.2.1707

Dimension Badge: