MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI BAGI ANAK USIA DINI PADA IKATAN GURU TK KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.2.1777Kata Kunci:
teknologi, media_pembelajaran, Paud, PancasilaAbstrak
Pengembangan teknologi dan komunikasi ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia pendidikan, adanya dampak negative dari kemajuan teknologi yaitu kehidupan yang menyimpang dari norma-norma dan moral. Maka perlu adanya intergrasi nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran teknologi bagi anak usia dini. Pancasila merupakan ideologi dasar yang menjadi pijakan utama dalam pembangunan nasional, sekaligus menjadi identitas utama bangsa Indonesia Maka pendidik harus membekali anak didik dengan menanamkan niali – nilai Pancasila pada pada karakter anak bangsa sejak dini maka perlu adanya literasi bagi guru – guru TK di Kota Jambi untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam media pembelajaran teknologi bagi anak usia dini. Agar pembelajaran teknologi pada anak-anak dapat memberikan dampak positif dengan nilai – nilai Pancasila dan dapat mencontoh prilaku yang baik sesuai dengan nilai – nilai Pancasila pada pembelajaran teknologi Di sekolah
Unduhan
Referensi
Dayu Rika Perdana, Muhammad Mona Adha. 2020. “IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.” International Research Journal Of Business And Strategic Management 1(1): 37–47. https://irjp.org/index.php/irjbsm/article/view/6.
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.” Jurnal pendidikan 1: 263–78. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Lestariningrum, Anik. 2021. “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini.” Journal Of Modern Early Childhood Education 01(01): 14.
M. ABDUL ROZIQ A. 2016. “Ntegrasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Yang Berbasis Pada Lingkungan Sekolah.” Jurnal Rontal Keilmuan 2(1): 5–24.
Novitasari, Khikmah. 2019. “Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 3(01): 50.
Nurhayati. 2023. “Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang.” Agustus 1(3): 485–500.
PUSPITASARI, VENTY INDAH, and SUSY ANGGRIANI. 2022. “Pemanfaatan Media Fotonovela Dalam Membangun Karakter Pancasila Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi.” EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini 2(1): 49–56.
Qutni, Darul, and Andy Moorad Oesman. 2022. “Urgensi Literasi Digital Bagi Generasi Milenial.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 10(2): 291.
Riswati Ashifa, Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.” 12(2).
Sakinah, Regina Nurul, and Dinie Anggraenie Dewi. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0.” Jurnal Kewarganegaraan 5(1): 152–67.
Sari, Milya. 2019. “Blended Learning Model Pembelajaran Abad Ke 21 Di Perguruan Tinggi.” Ta’dib 24(2): 233–37.
Utami, D, and T Sukmayadi. 2022. “Penerapan Literasi Digital Melalui Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VII SMP Negeri 1 Galur Kulon Progo.” Jurnal Kewarganegaraan 6(2): 3440–46. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3438.
Wahyono, Imron. 2018. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila.” Values in Learning Activities. 7(2): 133–39.