MEMBANGUN BRAND UMKM MELALUI KONTEN KREATIF DAN EFEKTIF MENGGUNAKAN TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1582Kata Kunci:
konten, kreatif, umkm, tiktok, efektifAbstrak
Perkembangan teknologi dan internet di Indonesia secara bersamaan mempengaruhi meningkatnya pengguna social media. Hal itu, mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga perlu beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dalam pemasaran, berkomitmen dengan pelanggan dan membangun brand image lebih efektif. Penggunaan Tiktok tidak hanya menjadi tren di kalangan muda, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang potensial. Tiktok adalah cara efektif bagi UMKM untuk mencapai target audiens yang lebih luas melalui video pendek yang menarik dan kreatif. Target peserta program ini adalah kelompok usia muda dengan usia antara 18-40 tahun karena dianggap memiliki potensi yang tinggi bagi UMKM. Selain itu program ini juga mendorong pengembangan jiwa wirausaha sejak dini yang diyakini akan memiliki pengaruh baik untuk masa depan mereka. Program PKM di Desa Mendalo ini juga sejalan dengan upaya pemerintah Provinsi Jambi untuk mendigitalisasi UMKM. Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat membuka wawasan Masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam menambah ilmu pengetahuan tentang membuat konten kreatif dan efektif menggunakan aplikasi Tiktok.
Unduhan
Referensi
A. Yoshio, “Masyarakat Pakai Internet untuk Media Sosial dan Pesan Singkat,” Katadata, p. 1, 2022, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/21/masyarakat-pakai-internet-untuk-media-sosial-dan-pesan-singkat
N. A. Mutiara, C. Wijayangka, and B. R. Kartawinata, “Adopsi Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM di Kota Bandung,” J. Ilm. MEA, vol. 5, no. 1, pp. 1673–1684, 2021.
J. Aten, “TikTok Is the Fastest-Growing Social Media Network Ever. Why the U.S. May Ban It,” 2020. https://www.inc.com/jason-aten/tiktok-is-fastest-growing-social-media-network-ever-why-us-may-ban-it.html (accessed Aug. 25, 2023).
Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS?,” 2023. https:// Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS? (katadata.co.id)/4# (accessed Aug. 26, 2023).
Y. dkk Sri Mulyani, “Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi,” J. Ilm. Hosp., vol. 11, no. 1, p. 3, 2022, [Online]. Available: http://stp-mataram.e-journal.id/JHI
M. Rozaq and R. U. Nugrahani, “Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM,” J. Komun. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2023, doi: 10.33366/jkn.v5i1.271.
Arum Wahyuni Purbohastuti, “Vol. 12, No. 2, Oktober 2017,” Ekonomika, vol. 12, no. 2, pp. 212–231, 2017.
Doni, “Inilah Dukungan Pemerintah Agar UMKM Go Digital dan Go Global,” 2021. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36064/inilah-dukungan-pemerintah-agar-umkm-go-digital-dan-go-global/0/berita (accessed Aug. 29, 2023).
P. Desa Mendalo Darat, “Desa Mendalo Darat,” 2023. https://mendalodarat.desa.id/first/statistik/4# (accessed Aug. 20, 2023).
P. Desa Mendalo Darat, “Data Demografi Berdasar Pekerjaan,” 2023. http://desa.sayasiap.com/first/statistik/1 (accessed Aug. 19, 2023).
E. S. Jafar, A. Syairah, and N. Cahyani, “KREASI : Jurnal Kreativitas dan Inovasi Self Evaluation melalui Personal SWOT Analisys sebagai Upaya menghadapi Quarter Life Crisis di Periode Emerging Adulthood,” J. Kreat. dan Inov., vol. 1, no. 2, pp. 101–110, 2023.
S. Rianti, E. Rohaini, and I. T. Pratiwi, “Workshop “ Strategi Digital Marketing dan Sosial Media Sebagai Media Promosi Produk dan Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha di SMK N 4 Kota Jambi,” J. Pengabdi. Masy. Unama, vol. 2, no. 1, pp. 58–66, 2023, doi: https://doi.org/10.33998/jpmu.v2i1.