MENINGKATKAN PEMAHAMAN BIJAK BERMEDIA SOSIAL MELALUI LITERASI DIGITAL DAN NETIKET BAGI SISWA/I SMA IT AN-NAHL KOTA JAMBI

Penulis

  • Imam Rofi'i universitas dinamika bangsa
  • Dwi Ayu Gusriyanti Universitas Dinamika Bangsa
  • Lazuardi Yudha Pradana Universitas Dinamika Bangsa
  • suruto Universitas Dinamika Bangsa
  • elvi yanti Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2191

Kata Kunci:

netiket, media sosial, Etika Digital, Literasi Digital, Keamanan Digital, Sosialisasi

Abstrak

Penggunaan media sosial di sekolah semakin meningkat di era digital, lebih fokus pada penggunaan media sosial dengan antusias. Literasi digital dan jaringan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan online yang sehat dan positif. Memahami etika dan risiko media sosial, seperti pelecehan, penindasan maya, dan masalah privasi, menjadikan program literasi digital penting bagi siswa. Program "Meningkatkan Kesadaran Media Sosial melalui Literasi dan Jaringan Digital" bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang rumah dan penggunaan media sosial, serta untuk memitigasi risiko. Program tersebut meliputi lokakarya, simulasi, dan diskusi interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang media sosial dan mendorong partisipasi aktif dalam penggunaan media sosial di lingkungan sekolah. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa tentang literasi digital dan jaringan, dengan tes standar menunjukkan peningkatan sebesar 90,8%. Hal ini menandakan bahwa siswa tidak hanya memahami teori tetapi dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di dunia digital. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa program ini meningkatkan kesadaran siswa terhadap rumah media sosial dan mendorong interaksi yang lebih bermakna di dunia digital. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat dan aman serta mendorong sekolah untuk mengembangkan individu muda yang antusias dalam media sosial.

Unduhan

Referensi

A. Agustina, M. M. Adha, and A. Mentari, “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik,” Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 52–64, Jul. 2023, doi: 10.56393/MINDSET.V3I2.1696.

F. Anita, V. Sibiliana Hurat, and V. Vanda Nontje Korompis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar, “Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja,” Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), vol. 1, no. 3, pp. 117–122, Nov. 2021, doi: 10.56742/NCHAT.V1I3.19.

Fachruddin, M. A. H. Sutoyo, W. Riyadi, and Y. Arvita, “SOSIALISASI KEAMANAN, ETIKA, DAN LITERASI BAGI SISWA/I SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI,” Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA, vol. 2, no. 2, pp. 45–50, Nov. 2023, doi: 10.33998/JPMU.2023.2.2.1404.

S. Manuella and N. P. SP, “Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru,” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 263–274, Jun. 2023, doi: 10.14710/ANUVA.7.2.263-274.

B. Aditya Mahendra, S. L. Difa, A. S. Kholifatus, and F. Nailu Syam, “PENGAMATAN EFEKTIVITAS SOSIALISASI DIGITAL ETIK DI KALANGAN SISWA SMA: STUDI KASUS SMK 4 SEMARANG,” Jurnal DIMASTIK, vol. 2, no. 2, pp. 184–190, Jul. 2024, doi: 10.26623/DIMASTIK.V2I2.9594.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Abstract views:

19

PDF Download:

10

DOI:

10.33998/jpmu.2025.4.1.2191

Dimension Badge: