Model Delone Dan Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan Pada Aplikasi PeduliLindungi Dimasa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Rilis Pebriyanti Siringo Ringo Universitas Dinamika Bangsa
  • Kurniabudi Universitas Dinamika Bangsa
  • Hendri HENDRI Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.2.98

Abstrak

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk membantu melakukan pelacakan terkait penyebaran Covid-19 di negara Indonesia. Pada Aplikasi PeduliLindungi terdapat permasalahan seperti waktu koneksi sudah habis saat pengguna memasukkan nama lengkap, terjadi kesalahan saat pengisian tanggal lahir dan juga NIK, kode OTP (One Time Password) sering terlambat dikirim, dan sertifikat vaksin yang berubah identitas menjadi identitas pengguna lain. Hal tersebut sangat mempengaruhi keinginan pengguna untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesuksesan aplikasi PeduliLindungi terhadap pengguna. Model DeLone dan McLean merupakan model yang dihasilkan dari pengukuran keberhasilan IS, dimana pengukuran dilakukan dengan 6 variabel yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, dan Manfaat Bersih. Data yang diambil dari 100 (seratus) responden yang dikumpulkan melalui google form, kemudian di analisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) serta aplikasi Smartpls 3.0. Peneliti menggunakan 9 (sembilan) buah hipotesis dan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 (lima) hipotesis yang diterima antara lain (H1, H2, H6, H7, H9) dan 4 (empat) hipotesis ditolak antara lain (H3, H4, H5, H8).

Kata Kunci: Aplikasi PeduliLindungi, DeLone dan McLean.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Pengembangan, U. Kecil, and M. Ukm, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM),” vol. 1, no. 1, pp. 30–39.

“Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,” no. Covid 19, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

A. Pedulilindungi and M. Bencana, “Aplikasi pedulilindungi mitigasi bencana covid-19 di indonesia,” vol. 4, no. 1, pp. 66–78, 2021.

T. A. Raila, “PERLINDUNGAN DATA PRIVASI DI INDONESIA DAN SINGAPURA TERKAIT PENERAPAN DIGITAL CONTACT TRACING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 SERTA TANGGUNG JAWABNYA,” vol. 2, pp. 1–16, 2020.

N. Agustina and E. Sutinah, “InfoTekJar : Jurnal Nasional InformatikadanTeknologiJaringan Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,” vol. 2, 2019.

M. I. Rosyadi, D. Pembimbing, D. S. Informasi, and F. T. Informasi, SURABAYA ANALYSIS OF SUCCESSFULL APLICATIONS UBER DRIVER USER PRESPECTIVE SURABAYA CITY COMMUNITY WITH DELONE MODEL APPROACH SURABAYA. .

P. S. Informasi, U. Atma, J. Yogyakarta, P. T. Informatika, U. Atma, and J. Yogyakarta, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan ( SIKMA ) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean,” vol. 1, no. 1, 2018.

D. Andriyanto, F. Said, F. Titiani, and E. Erni, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, pp. 43–48, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.10018.

I. M. W. S. Kurniawan, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “Analisis Kesuksesan Implementasi Aplikasi Online Single Submission Menggunakan Metode Delone Dan Mclean,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, p. 326, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i3.25087.

F. Nugrahani,"METODE PENELITIAN KUALITATIF" dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.2014

S. Saleh, Analisis Data Kualitatif "Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung",Bandung.pp.180-59.2017

L. A. Nusron, PANDUAN RISET KUANTITATIF : Trik Publikasi Bagi Pemula ( edisi 1 ). .

I. Noviyanti, “TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV USAHA MANDIRI J IMF ( Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma ) , Vol . 1 , No . 2 , Februari 2018 J IMF ( Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma ) , Vol . 1 , No . 2 , Februari 2018,” vol. 1, no. 1, pp. 21–32, 2018.

S. Daerah and T. Wisata, “Loyalitas Wisatawan Terhadap Citra Pulau Lombok Sebagai Daerah Tujuan Wisata Halal” vol. 1, no. 2, 2020.

S. Widyaningtyas, T. Wuryandari, A. Mukid “PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM),” vol. 5, pp. 553–562, 2016.

R. Noviyanti, “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI NELAYAN DI TELUK BANTEN : MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE- STRUCTURAL EQUATION MODELLING ( PLS-SEM ) Factors Influencing to The Fisherman ’ s Competency in Banten Bay Using Partial Least Square-Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ),” vol. 10, no. 1, pp. 33–44, 2019.

D. D. Oktavia, E. Saraswati, and Z. Baridwan, “Kesuksesan Implementasi SIMDA untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Pemerintah,” pp. 1–16, 2016, doi: 10.18382/jraam.v2i1.65.

D. Sebagai, S. Satu, S. Menyelesaikan, and P. Studi, “TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PEGADAIAN ( PERSERO ) KANWIL X BANDUNG TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PEGADAIAN,” 2021.

N. D. Pratama, A. Abdurahim, and H. Sofyani, “IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN PENYERAPAN,” vol. 8, no. 1, pp. 9–24, 2018, doi: 10.22219/jrak.v8i1.23.

D. L. Trenggonowati and K. Kulsum, “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon,” J. Ind. Serv., vol. 4, no. 1, pp. 48–56, 2018, doi: 10.36055/jiss.v4i1.4088.

Y. Nurendah, “Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa,” vol. 1, no. 1, pp. 93–112, 2013.

S. Riyanto and A. A. Hatmawan, “Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen,” Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Abstract views:

597

PDF Download:

518

DOI:

10.33998/jakakom.2022.2.2.98

Dimension Badge: