Analisis dan Penerapan Algoritma Apriori Pada Penempatan Barang Pada Toko Surya Desa Pudak

Penulis

  • Ariyanti Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.1.68

Abstrak

Dunia bisnis pada saat ini berkembang sangat cepat, khususnya di dunia perdagangan. Persaingan dalam dunia bisnis selalu ada, sehingga setiap orang yang berkegiatan bisnis dituntut untuk selalu bisa memikirkan dengan cara efektif dan efisien dalam pengembangan bisnis tersebut. Salah satu bentuk usaha bisnis, Toko Surya Desa Pudak yang beralamat di Jalan Jambi-Suak Kandis Km.7  Desa Pudak Muaro Jambi, merupakan sebuah toko yang menjual kebutuhan pokok dan peralatan lainnya yang ditempatkan di sebuah rak atau etalase. Banyak kejadian pembeli yang ingin belanja masih bertanya kepada karyawan dimana posisi barang yang ingin dibeli.  Maka dari itu dengan menggunakan Algoritma Apriori, toko diharapkan dapat menentukan strategi dalam menentukan pembelian barang sesuai ketersediaan barang yang dibutuhkan konsumen sehingga bisa mengatur posisi barang berdasarkan gabungan item set barang. Jadi barang yang sering dibeli oleh konsumen yaitu Mie, Roti, odol dan Sirup support 30% dan confidence 100% diketahui barang yang sering dibeli konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nurdin And D. Astika, “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe,” Vol. 6, No. 1, Pp. 134–155, 2015.

A. Setiawan And R. Mulyanti, “Market Basket Analysis Dengan Algoritma Apriori Pada Ecommerce Toko Busana

Muslim Trendy (Market Basket Analysis With Apriori Algorithms In Ecommerce Trendy Muslim Clothing Stores),” Vol. 8, No. 1, Pp. 11–18, 2020.

N. Rahmawati, Y. N. Nasution, And F. D. T. Amijaya, “Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Untuk Menemukan Pola Pembelian Di Toko Metro Utama Balikpapan,” J. Eksponensial, Vol. 8, No. 1, Pp. 1–8, 2017.

A. Nastuti, “Amelia Nastuti 1 ) , Syaiful Zuhri Harahap 2 ),” Tek. Data Min. Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Hari. Dengan Menggunakan Algoritm. Fp-Growth, Vol. 7, No. 3, Pp. 111–119, 2019.

Nelisa And Aulia Fitrul Hadi, “Perancangan Aplikasi Data Mining Transaksi Penjualan Untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Toko Singgalang Padang Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Web,” Maj. Ilm. Upi Yptk, Vol. 25, No. 1, Pp. 37–44, 2018.

Y. D. Lestari, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Tree Dan Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Obat,” No. Snastikom, Pp. 60–65, 2017.

L. Setiyani, M. Wahidin, D. Awaludin, And S. Purwani, “Analisis Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Data Mining Naïve Bayes : Systematic Review,” Fakt. Exacta, Vol. 13, No. 1, Pp. 38–47, 2020.

M. B. Program Et Al., “Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan,” J. Pilar Nusa Mandiri, Vol. Xii, No. 2, Pp. 121–129, 2016.

H. Santoso, I. P. Hariyadi, And Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk,” Tek. Inform., No. 1, Pp. 19– 24, 2016.

P. S. Hasugian, “Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Produk Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Toko Usaha Maju Barabai),” J. Mantik Penusa, Vol. 2, No. 2, Pp. 191–198, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Abstract views:

541

PDF Download:

329

DOI:

10.33998/jakakom.2022.2.1.68

Dimension Badge: