Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Belanjo – Belanja Online Kota Jambi Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode E-Servqual
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.849Keywords:
Layanan, Kepuasan, pengguna, E- Servqual.Abstract
Aplikasi Belanjo merupakan e-commerce yang menjual produk dan bahan makanan yang tergolong lengkap seperti sayur-sayuran, daging, sembako, bumbu-bumbu dapur, frozen food, serta kebutuhan rumah tangga seperti alat elektronik dan furniture, sehingga aplikasi ini sangat memiliki potensi besar untuk berkembang dan banyak digunakan oleh pengguna. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah layanan yang berikan dapat memenuhi kepuasan penggunanya menggunakan metode E-Servqual. Menggunakan 3 variabel yaitu Efficiency, System Availability, Responsiveness. Dalam menentukan sampel ini, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 100 responden, kemudian untuk pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 25,0 hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 2 hipotesis yang diterima dan 1 hipotesis yang di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan pada aplikasi Belanjo cukup baik.
Downloads
References
J. Prima et al., “PENERAPAN METODE SERVICE QUALITY DALAM ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PADA PELAYANAN PEMESANAN BARANG E-COMMERCE DI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA,” vol. 5, no. 2, 2022.
N. R. Ambarwati, B. Sinring, R. Ratna, and S. Taufan, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce Di Kota Makassar ( Studi Kasus Pelanggan Shopee )”.
P. G. E. Deo, R. Sanjaya, and Linda, “Analisis Kualitas Layanan Lazada Dengan Menggunakan Metode E-Servqual Dan IPA,” J. Account. Bus. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2021.
T. Cendahani, A. Hamzah, and U. Lestari, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual(Studi Kasus: Website Sale Stock Indonesia),” J. JARKOM Vol . 7 No . 2 Desember 2019 J. JARKOM Vol . 7 No . 2 Desember 2019 E- ISSN 2338-6304, vol. 7, no. 2, pp. 140–149, 2019.
S. F. Wibowo, R. A. Raidah, and Rahmi, “Analisis Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Service Value terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia,” JRMSI-Jurnal Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1,pp.148166,2019,[Online].Available:http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/11008/688 7.
Amirullah, “Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik),” Bayumedia Publ. Malang, vol. 16,
no. 4, pp. 293–303, 2015.
P. Rahmalia and S. Chan, “Pengaruh Service Quality dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Pelanggan Pt Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Banda Aceh,” J. Manaj. dan Inov., vol. 10, no. 1, pp. 66–76, 2019.
V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.
O. M. Trisnawati and S. Fahmi, “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking,” J. Manaj. Bisnis Indones., vol. 4, no. 2, pp. 174–184, 2017.
E. J. Pratiwi, “‘Pengaruh Non Performing Financing (NPF), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Efisiensi Bank Umum Syariah di Indonesia,’” Repos. [Online]., pp. 25–74, 2019, [Online].
Available: http://repository.uinbanten.ac.id/4771/
A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Maxim Terhadap Kepuasan Pelanggan Dwi Yuli Astuti, E. Siti Handayani, and U. Rahmawati, “Analysis of the Effect of Maxim Application Service Quality on Customer Satisfaction,” Res. Account. J., vol. 1, no. 3, pp. 412–419, 2019, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/raj
R. Hamid, D. L. Radji, and Y. L. Ismail, “Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan,” Oikos Nomos J. Kaji. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 27–38, 2020, doi: 10.37479/jkeb.v13i1.7105.
R. Machmud, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). 2018. [Online].
Available: https://repository.ung.ac.id
A. Suwondo and F. I. Marjan, “Analisis Pengaruh E-Kepuasan pelanggan terhadap E-Loyalitas pelanggan KAI Access Berdasarkan E-SERVQUAL pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang,” Sentrinov, vol. 3, pp. 338–360, 2017.
V. W. Sujarweni, SPSS untuk penelitian, Pustaka ba. yogyakarta:, 2014.
B. Darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.
R. A. Purnomo., “Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan