Analisis Kualitas Layanan Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Servqual
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1698Keywords:
layanan, aplikasi, servqualAbstract
Aplikasi BNI Mobile Banking merupakan suatu fasilitas layanan perbankan yang dapat melakukan transaksi langsung melalui HP secara aman, mudah, dan cepat. Aplikasi BNI Mobile Banking ini juga dapat bisa diunduh di melalui Playstrore dan AppStore, aplikasi BNI mobile banking saat ini sedang meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah maka dari itu untuk meningkatkan kualitas sebuah aplikasi maka perlu mengetahui permasalahan apa saja yang dialami nasabah ketika melakukan transaksi seperti permasalahan yang sering terjadi saat nasabah melakukan transaksi lupa Mpin, lupa Pass Transaksi, Terblokir, tidak dapat kode OTP saat resgistrasi dan aplikasi tidak bisa dibuka maka dari itu untuk menigkatkan kualitas layanan sebuh aplikasi BNI mobile bankingI peneliti tertarik untuk melakukan analisis pada aplikasi BNI mobile banking dengan menggunakan metode Servqual dengan tujuan untuk melakukan pengukuran atau menganalisa suatu pelayanan sebuah aplikasi, variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan kepuasan pengguna. analisis data diolah menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan software SPSS V25. Adapun hasil analisis berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa variabel tangible (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengguna (Y), variabel assurance (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengguna (Y), variabel empathy (X3) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengguna (Y), dan variabel tangible (X1), reliability (X2), reponsiveness (X3), assurance (X4) dan empathy (X5) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna (Y), sedangkan variabel reliability (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengguna (Y), dan variabel responsiveness (X3) tidak berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna (Y). Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis pada aplikasi BNI Mobile Banking dengan metode lain seperti Is Success Model guna untuk mengukur kesuksesan aplikasi dan melakukan perhitungan data menggunakan AMOS
Downloads
References
[C. Rooroh, S. Moniharapon, And S. Loindong, “Pengaruh Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe Casa De Wanea Manado),” J. Emba J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., Vol. 8, No. 4, Pp. 130–139, 2020.
S. Sugiharto And R. A. Wijaya, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto – Surabaya,” J. Strateg. Pemasar., Vol. 7, No. 1, P. 11, 2020.
A. S. E. Erwan Aristyanto, “Pengaruh Religiusitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Dan Keputusan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Platform Digital Pada Yayasan Pengelola Zakat Di Surabaya,” Vol. 2, No. 1, Pp. 186–202, 2022.
Y. Septiani, E. Aribbe, And R. Diansyah, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, Vol. 3, No. 1, Pp. 131–143, 2020.
A. Sarmini, “Kualitas Pelayanan Surat Izin Mengemudi (Sim) Pada Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Karimun,” Soumatera Lau Rev., Vol. 8, No. 5, P. 55, 2019
Maryono, Istilah-Istilah Dalam Kebijakan Dan Manajemen Kesehatan. Qiara Media, 2018.
J. J. Siregar, A. Kurnia, And K. Sadik, “Densely Connected Dan Residual Convolutional Neural Network Untuk Estimasi Jumlah Keluarga Tingkat Desa Dengan Citra Satelit,” Vol. 5, No. 2, Pp. 114–123, 2022.
F. K. B. Samosir, R. H. Purabaya, And I. W. W. Pradnyana, “Pengukuran Tingkat Kapabilitas Aplikasi Mobile Banking Dengan Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Domain Apo Dan Dss (Studi …,” Senamika, Pp. 373–382, 2020.
W. T. Bhirawa, “Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product And Service Solution (Spss),” Statistika, Pp. 71–83, 2020.
M. D. P. Ahmad Bukhori Muslim, Novi Akmal Yani, “Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Kemampuan Teknik Personal Dan Pengalaman Kerja Terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Sicepat Ekspres Indonesia) Ahmad,” Vol. 7, No. 1, Pp. 17–39, 2022.
B. Irawan, R. A. Kurnia, E. Daniel, S. Achmady, And M. Sembiring, “Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality ( Servqual ),” Jkf, Vol. 3, No. 1, Pp. 58–64, 2020.
B. Irawan, E. D. Sitanggang, And S. Achmady, “File:///D:/.. Skripsi/Septiani Joki 2022/New Folder/13.Pdf File:///D:/.. Skripsi/Septiani Joki 2022/New Folder/14.Pdf File:///D:/.. Skripsi/Septiani Joki 2022/New Folder/15.Pdf,” Cess (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., Vol. 6, No. 1, P. 10, 2021, Doi:
R. H. Slamet Riadi, “Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Domisili Usaha Dilihat Dari Aspek Responsiveness Pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur,” Vol. 3, Pp. 1084–1098, 2020.
O. V. Ramadani, A. R. Kadir, And A. Sanusi, “Analisis Pengaruh Shariah Compliance Dan Assurance Terhadap Kepuasan Nasabah Bmt Barokatul Umah Di Kabupaten Merauke,” Econ. J. Ekon. Islam, Vol. 9, No. 2, Pp. 349–375, 2018.
R. A. Setyawan And W. F. Atapukan, “Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert,” Compiler, Vol. 7, No. 1, Pp. 54–61, 2018.
K. N. Beni, N. Nursalam, And M. H. Hasinuddin, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Leadership Behavior Inventory, Personal Mastery Questionnaire Dan Kuesioner Kinerja Perawat Di Rumah Sakit,” J. Penelit. Kesehat. “Suara Forikes” (Journal Heal. Res. “Forikes Voice”), Vol. 11, No. 3, P. 313, 2020.
Ni Putu Pradita Laksmiari, “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Teh Bunga Teratai Di Desa Patemon Kecamatan Serrit,” J. Pendidik. Ekon., Vol. 10, No. 2, Pp. 54–63, 2019.