Analisis Usability Aplikasi Belanjo – Belanja Online Kota Jambi Menggunakan System Usability Scale (Sus
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1665Keywords:
Analisis; Website; E-learning; Usability; Usability TestingAbstract
Aplikasi Belanjo merupakan aplikasi e-commerce yang menjual produk dan bahan makanan, serta kebutuhan rumah tangga seperti alat elektronik dan furniture, dalam penggunaannya masih ditemukan beberapa kendala sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat usability dan mengetahui nilai Acceptability Ranges, Grade Scale, Adjective Ratings, serta nilai umum dari aplikasi Belanjo dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Metode pengumpulan data melalui kuesioner online melalui google form dan mendapatkan 30 orang responden yang terbagi dalam 4 kategori usia dengan 10 butir pertanyaan SUS. Pengolahan data dilakukan dengan Microsoft Excel serta pengujian dengan rumus SUS. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner akhir mendapatkan nilai usability aplikasi Belanjo dengan peningkatan skor SUS sebesar 76,083 Dengan nilai Acceptability Ranges acceptable, Grade Scale C, Adjective Ratings GOOD, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Belanjo sudah cukup baik dan dapat diterima oleh pengguna, hanya memerlukan sedikit update pada tampilan menu yang dianggap kurang menarik dan sulit dipahami. Pembaruan juga diperlukan pada fitur tracking pemesanan untuk memperjelas tampilannya, penataan tombol yang lebih strategis, peningkatan responsivitas tombol aplikasi, dan penambahan fungsionalitas pada menu voucher, termasuk opsi pembatalan pesanan jika diperlukan.
Daftar Pustaka (2016-2023)
Yeni Kurniati, 8040200053
ANALISIS USABILITY APLIKASI BELANJO – BELANJA ONLINE KOTA JAMBI MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
Kata Kunci: Analisis, Kegunaan, Aplikasi, System Usability Scale (SUS)
(xi+75+Lampiran)
Aplikasi Belanjo merupakan aplikasi e-commerce yang menjual produk dan bahan makanan, serta kebutuhan rumah tangga seperti alat elektronik dan furniture, dalam penggunaannya masih ditemukan beberapa kendala sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat usability dan mengetahui nilai Acceptability Ranges, Grade Scale, Adjective Ratings, serta nilai umum dari aplikasi Belanjo dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Metode pengumpulan data melalui kuesioner online melalui google form dan mendapatkan 30 orang responden yang terbagi dalam 4 kategori usia dengan 10 butir pertanyaan SUS. Pengolahan data dilakukan dengan Microsoft Excel serta pengujian dengan rumus SUS. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner akhir mendapatkan nilai usability aplikasi Belanjo dengan peningkatan skor SUS sebesar 76,083 Dengan nilai Acceptability Ranges acceptable, Grade Scale C, Adjective Ratings GOOD, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Belanjo sudah cukup baik dan dapat diterima oleh pengguna, hanya memerlukan sedikit update pada tampilan menu yang dianggap kurang menarik dan sulit dipahami. Pembaruan juga diperlukan pada fitur tracking pemesanan untuk memperjelas tampilannya, penataan tombol yang lebih strategis, peningkatan responsivitas tombol aplikasi, dan penambahan fungsionalitas pada menu voucher, termasuk opsi pembatalan pesanan jika diperlukan.
Daftar Pustaka (2016-2023)
Downloads
References
REFERENCES
G. Joelio, L. Nugrah, and M. Saputra, “Kajian Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Pemesanan Barang E-Commerce di Universitas Prima Indonesia Melalui Pemanfaatan Service Quality,”.
A. and S. Taufan, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce Di Kota Makassar ( Studi Kasus Pelanggan Shopee ),” jurnal.fe.umi.ac.id, vol. 47, no. 134, 2021, [Online].
F. D. D. P. Kristiadi, “Metode Kuantitatif Pengambilan Keputusan Mengukur Kepuasan Pengguna Web Pada Perguruan Tinggi,”, Jurnal. Lakeishal, vol. 1 no. 1, 2021.
M. S. Setiawan, “Dengan menggunakan teknik System Usability Scale (SUS) dan Performance Measurement, kegunaan aplikasi Alfamart dan Indomaret dinilai,”.
G. Pattiasina, B. Tanazale, and L. joane Tjahyana, “Pembuatan dan Evaluasi Kemudahan Turis Dalam Menggunakan Aplikasi Baronda Ambon Travel Guide,” J. Scriptura, vol. 4, no. 1, pp. 29–37, 2017.
P. Insap Santosa and D. Wing Wahyu Winarno, “Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale,” Pros. Semin. Nas. Sains Dan Tekno, pp. 240–245, 2019.
R. W. dan J. Maknunah, “Analisis Website STIMATA Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Ilm. Komputasi, vol. 20, no. 3, pp. 331– 338, 2021, doi: 10.32409/jikstik.20.3.2776
D.R.Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek ( swiping ), mengetuk,”.
S.B.Prajitno, “Metodologi penelitian kuantitatif,” Jurnal. Bandung UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http//komunikasi. uinsgd. ac. id), vol. 71- 23no.6,pp.1–29,2017.
A. Made, K. Dewi, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking BCA dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: BCA Kota Singaraja),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 10, pp. 2548–964, 2022.
A. Made, K. Dewi, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking BCA dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: BCA Kota Singaraja),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 10, pp. 2548–964, 2022.
M. A. Zulhijdi, R. I. Rokhmawati, and N. Y. Setiawan, “Evaluasi Usability Situs Web Snapixa dengan menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale,”.
R. H. Pawestri, H. Az-Zahra, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus: SOCO, Althea dan Sephora).
D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek ( swiping ).
D. Setiawan and N. Rafianto, “Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale,”.
W. Buana and B. N. Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, p. 91, 2022, doi: 10.25273/doubleclick.v5i2.11669.
R. A. Putri, “Monograf Evaluasi Usability Microsoft Teams Menggunaan System Usability Scale,” j Jurnal Ilmu Sosial, vol. 370, No.44, p. 48, 2021, [Online].
R. W. dan J. Maknunah, “Analisis Website STIMATA Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Ilm. Komputasi, vol. 20, no. 3, pp. 331– 338, 2021, doi: 10.32409/jikstik.20.3.2776.
G. Pattiasina, B. Tanazale, and L. joane Tjahyana, “Pembuatan dan Evaluasi Kemudahan Turis Dalam Menggunakan Aplikasi Baronda Ambon Travel Guide,” J. Scriptura, vol. 4, no. 1, pp. 29–37, 2017, [Online]. Available: http://ced.petra.ac.id/index.php/iko/article/view/19053