Implementasi Data Mining Untuk Menentuksn Persediaan Stok Barang Di Mini Market Menggunakan Metode K-Means Clustering

Penulis

  • Hani Prastiwi Universitas dinamika bangsa
  • Jeny Pricilia Universitas Dinamika Bangsa
  • Errissya Rasywir Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.1.34

Abstrak

[1]Abstrak- Data mining adalah metode untuk menemukan pola tertentu dari kumpulan data yang berjumlah besar. Meskipun banyak dipelajari pada bidang ilmu komputer dan statistika, data mining adalah metode yang bisa diterapkan dan mempermudah pekerjaan di bidang lainnya juga. Namun sebenarnya apa itu data mining? Data mining adalah metode dalam ilmu komputer yang biasa digunakan dalam proses pencarian knowledge. Tahapan di dalamnya berguna untuk mencari pola-pola tertentu dari data yang ada pada database. Biasanya, metode ini banyak ditemukan pada bidang machine learning dan statistika. Metode K-Means sudah menjadi salah satu teknik data mining yang digunakan untuk merancang strategi persediaan barang yang efektif menggunakan data transaksi penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerap kan algoritma K-Means dan data transaksi penjualan dari MM Glory sebagai contoh tipikal. Hasil analisis untuk penelitian ini menggunakan dua puluh (20) buah data.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

https://finata.id/minimarket-dan-toko-kelontong-di-masyarakat/

Nur, F., Zarlis, M., & Nasution, B. B. (2017). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA SISWA BARU SEKOLAHMENENGAH KEJURUAN UNTUK CLUSTERING JURUSAN. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), 1(2), 100-105.

RW Sembiring, JM Zain, A Embong ”Clustering high dimensional data using subspace and projected clustering algorithms” arXiv preprint arXiv:1009.0384

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Abstract views:

2541

PDF Download:

2174

DOI:

10.33998/jakakom.2022.2.1.34

Dimension Badge: