Penerapan Data Mining Algoritma Naive Bayes Clasifier Untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan Terhadap Kartu Internet Telkomsel ( Ricks Cell simpang candra)

Penulis

  • Arya Atmanegara Universitas Dinamika Bangsa
  • Rts CiptaNingsi Universitas Dinamika Bangsa
  • Errissya Rasywir Universitas Dinamika Bangsa
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.1.33

Abstrak

Persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis memaksa para pelakunya untuk selalu memikirkan strategi-strategi dan terobosan yang dapat menjamin kelangsungan dari bisnis yang dijalankannya. Hal ini akan memunculkan persaingan antar sesama provider kartu terhadap kartu internet. Para provider kartu internet berlomba-lomba menarik minat pelanggan dengan berbagai macam strategi pemasaran agar tidak kalah saing dan tetap eksis. Dan perusahaan ingin selalu meluncurkan kartu internet terbaru tanpa memikirkan kartu internet tersebut akan laku atau tidak dipasaran.Konsep data mining akan memudahkan cara menyelesaikan masalah yang terjadi di Ricks Cell Simpang Candra. Maka, metode klasifikasi mampu menemukan model yang membedakan konsep atau kelas data, dengan tujuan untuk dapat memperkirakan kelas dari suatu objek yang labelnya tidak diketahui. Oleh sebab itu, algoritma naive bayes dapat memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya. Hasil dari penelitian ini agar dapat memprediksi atau memperkirakan laku atau tidak kartu internet yang baru, sehingga pemilik usaha dapat mengambil keputusan dan meningkatkan strategi pemasaran.

 

Kata Kunci : data mining, kartu internet, klasifikasi, algoritma naïve bayes

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. A. Maricar, P. Widiadnyana and W. A. Wijaya, "Analysis of Data Mining for Forecasting Total Goods Delivery with Moving Average Method (Case Study: Agent "X" Expedition "Z")," International Journal of Engineering and Emerging Technology, Vol. 2, No. 1, pp. -10, 2017.

D. A. Muthia, "Opinion Mining pada Review Buku Menggunakan Algoritma Naive Bayes," JurnalTeknik Komputer Amik BSI, Vol.II, No.1,pp. 1-8, 2016.

M. A. Maricar, I. N. S. Kumara and M. Sudarma, "Opinion Mining on Twitter Social Media to Classify Racism Using Combination of POS Tagging, Naive Bayes Classifier, and K-Nearest Neighbor,"in International Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, Bali, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Abstract views:

723

PDF Download:

425

DOI:

10.33998/jakakom.2022.2.1.33

Dimension Badge: