PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GARUT

Penulis

  • Lala Kemala Shafitri Universitas Garut
  • Ramayani Yusuf politeknik pajajaran

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.2.898

Abstrak

Di era globalisasi ini, dunia pendidikan menuntut hasil yang berkualitas. Kualitas output ini sangat didukung oleh keberadaan tenaga pendidik, karena tenaga pendidik juga merupakan faktor penentu keberhasilan kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Metode  yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang responden. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi sederhana dengan pengujian menggunakan alat SPSS. Hasil dari pengujuan hipotesis menunjukan bahwa adanya pengaruh positif Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen , Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa

dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi ( studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika

AMIK Bina Sriwijaya Palembang ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16, 24–30.

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran

Akuntansi Konsolidasi Bank Syariah Di Iain Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13,

–136.

Arifin, M., Muhajir, A., & Muhajir, A. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Pedagogik Dosen

Pendidikan Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 656–662.

Damanik, B. E., & Irawan, E. (2021). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen dan

Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 11, 180–186.

Dwi, R., & Vivianti. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktik Aplikasi

Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4, 110–120.

Eva, Yuni, R., & Mira, G. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen Bahasa Inggris.

Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Retrieved from

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1957

Ginting, S. O., Efendi, N., & Hutasoit, A. H. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Persepsi Kemudahan

Menggunakan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Abstrak. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10, 25–34.

Kurniati, N., Baidowi, B., & Hikmah, N. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Kinerja

Dosen Dalam Proses Perkuliahan. Jurnal Pijar Mipa, 13, 32–36.

Munawarah. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata

Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose, 17, 672–682

Mursalin, A., & Defitri, D. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Universitas Panca

Bhakti Pontianak. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 7. Retrieved from

https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/134

Priska, Y. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Di Fakultas EkonomiI UNIKA

Soegijapranata.

Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen Dan Pencapaian Hasil Belajarmahasiswa. Liabilities

Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2, 115–124.

Puspitawati, A. R. (2020). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen, Perhatian Orang Tua,

Pemberian Reward Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi.

Rahman, M. A. et al. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar mahasiswa

Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, X,

–387.

Rizkiyanto, D. A. (2017). Persepsi terhadap kompetensi dosen dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi

yang mengikuti mata kuliah praktikum skripsi.

Sariani, N., & Nurhakim, I. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan

Geografi IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5, 228–243.

Sholihannisa, L. U., & Ma, H. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen dalam Pembelajaran dengan

Model Block System Learning Student ’ s. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12, 383–392.

Yulyani, R. D. (2022). Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal

Educatio FKIP UNMA, 8, 1522–1532.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai

Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28

Abstract views:

195

PDF Download:

136

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.2.898

Dimension Badge: