PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GARUT
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.2.898Abstrak
Di era globalisasi ini, dunia pendidikan menuntut hasil yang berkualitas. Kualitas output ini sangat didukung oleh keberadaan tenaga pendidik, karena tenaga pendidik juga merupakan faktor penentu keberhasilan kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang responden. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi sederhana dengan pengujian menggunakan alat SPSS. Hasil dari pengujuan hipotesis menunjukan bahwa adanya pengaruh positif Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Garut
Unduhan
Referensi
Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen , Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa
dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi ( studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika
AMIK Bina Sriwijaya Palembang ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16, 24–30.
Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran
Akuntansi Konsolidasi Bank Syariah Di Iain Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13,
–136.
Arifin, M., Muhajir, A., & Muhajir, A. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Pedagogik Dosen
Pendidikan Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 656–662.
Damanik, B. E., & Irawan, E. (2021). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen dan
Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 11, 180–186.
Dwi, R., & Vivianti. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktik Aplikasi
Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4, 110–120.
Eva, Yuni, R., & Mira, G. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen Bahasa Inggris.
Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Retrieved from
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1957
Ginting, S. O., Efendi, N., & Hutasoit, A. H. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Persepsi Kemudahan
Menggunakan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Abstrak. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10, 25–34.
Kurniati, N., Baidowi, B., & Hikmah, N. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Kinerja
Dosen Dalam Proses Perkuliahan. Jurnal Pijar Mipa, 13, 32–36.
Munawarah. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata
Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose, 17, 672–682
Mursalin, A., & Defitri, D. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Universitas Panca
Bhakti Pontianak. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 7. Retrieved from
https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/134
Priska, Y. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Di Fakultas EkonomiI UNIKA
Soegijapranata.
Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen Dan Pencapaian Hasil Belajarmahasiswa. Liabilities
Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2, 115–124.
Puspitawati, A. R. (2020). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen, Perhatian Orang Tua,
Pemberian Reward Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi.
Rahman, M. A. et al. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar mahasiswa
Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, X,
–387.
Rizkiyanto, D. A. (2017). Persepsi terhadap kompetensi dosen dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi
yang mengikuti mata kuliah praktikum skripsi.
Sariani, N., & Nurhakim, I. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan
Geografi IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5, 228–243.
Sholihannisa, L. U., & Ma, H. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen dalam Pembelajaran dengan
Model Block System Learning Student ’ s. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12, 383–392.
Yulyani, R. D. (2022). Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal
Educatio FKIP UNMA, 8, 1522–1532.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai
Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45