PELATIHAN A.I PROMPTING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA-SISWI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI

Penulis

  • Feri Pebrianto Universitas Dinamika Bangsa
  • Beny Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Herti Yani Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Abdul Rahim Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Agus Siswanto Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Pareza Alam Jusia Universitas Dinamika Bangsa
  • Cindy Paramitha Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2157

Kata Kunci:

PKM, AI, Prompting, SMA

Abstrak

Pelatihan kecerdasan buatan (AI) memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran mandiri di kalangan siswa – siswi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa "Pelatihan AI Prompting untuk Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Muaro Jambi." Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi AI serta memberikan keterampilan kepada siswa dalam merancang instruksi atau "prompt" yang jelas dan efektif untuk berinteraksi dengan AI, seperti ChatGPT dan Gemini AI. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa mampu memanfaatkan AI sebagai alat bantu dalam proses belajar, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan memperluas akses mereka terhadap informasi yang relevan. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama enam bulan dengan target siswa SMA Negeri 4 Muaro Jambi, serta hasil luaran berupa peningkatan pemahaman siswa tentang AI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pebria Dhei Purnasari and Yosua Damas Sadewo, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagodik,” https://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend, Nov. 2020.

I. Arisanti, Rasmita, Mu. Kasim, B. Mardikawati, and Murtada, “Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0,” Murthada INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, pp. 5195–5205, 2024.

Sukiman, Hendry, M. K. Zuhanda, Fenny, and Sjukun, “Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Mendukung Pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara,” Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mar. 2024.

S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri, and R. Liza, “Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu,” 2023. [Online]. Available: www.chat.openai.com

F. Ouyang and P. Jiao, “Artificial intelligence in education: The three paradigms,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 2, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.caeai.2021.100020.

M. Imran and N. Almusharraf, “Google Gemini as a next generation AI educational tool: a review of emerging educational technology,” Dec. 01, 2024, Springer. doi: 10.1186/s40561-024-00310-z.

P. Perera and M. Lankathilake, “Preparing to Revolutionize Education with the Multi-Model GenAI Tool Google Gemini? A Journey towards Effective Policy Making,” Journal of Advances in Education and Philosophy, vol. 7, no. 08, pp. 246–253, Aug. 2023, doi: 10.36348/jaep.2023.v07i08.001.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Abstract views:

20

PDF Download:

9

DOI:

10.33998/jpmu.2025.4.1.2157

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama