Analisis Kepuasan Pengguna Website PERUMDAM Tirta Mayang Kota Jambi Dengan Menggunakan Metode Is Success Model

Penulis

  • Senni Velawati Universitas Dinamika Bangsa
  • Ahmad Husaein Universitas Dinamika Bangsa
  • Ronald Naibaho Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.752

Kata Kunci:

Kepuasan Pengguna, Website PERUMDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Is Success Model.

Abstrak

Website PERUMDAM Tirta Mayang Kota Jambi merupakan portal layanan yang dibangun pada tahun 2009, yang menyajikan informasi seputar pelayanan pelanggan dan informasi dalam bentuk media online yang bisa dibuka tanpa batasan waktu dan tempat. Website ini juga memberikan layanan pelanggan seperti pengecekan tagihan air bulanan pelanggan dan informasi lainnya. Peneliti menganalisis kepuasan pengguna website PERUMDAM Tirta Mayang Kota Jambi menggunakan metode Is Success Model yang terdiri dari variabel bebas (independen) yaitu kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality), dan variabel terikat (dependen) yaitu penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), manfaat bersih (net benefit) dengan menggunakan software SMARTPLS dengan analisis data Structul Equation Modelling (SEM). Dan hasil yang didapat yaitu dari 9 hipotesis yang diajukan, 8 diterima dan 1 ditolak. Hipotesis yang ditolak yaitu kualitas sistem (system quality) terhadap kepuasan pengguna (User satisfaction). Selain itu dalam penelitian ini juga mengukur seberapa puas pelanggan terhadap fitur pengaduan online, dimana didapat sebanyak 86,6% pengguna menyatakan sangat puas dengan fitur pengaduan online pada website PERUMDAM Tirta Mayang Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Munandar, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance …,” Sist. Inf. Tugas Akhir, p. 152, 2019, [Online]. Available: http://sitasi.uin-suska.ac.id/index.php/tasi/article/view/1190.

D. Pertiwi, F. R. Sejati, and S. Prasetianingrum, “Analisis Kesuksesan Sistem E-Commerce Yang Berpartisipasi Pada Harbolnas,” JIMFE (Jurnal Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 6, no. 2, p. Inpress, 2020, doi: 10.34203/jimfe.v6i2.2610.

A. Kesuksesan et al., “McLean Pada Website Pusat Pelayanan Tugas Akhir ( PPTA ),” vol. 11, no. 1, pp. 132–137, 2022.

B. Sukajie, F. A. Laksono, A. Mubarok, S. Susanti, A. Kurniawan, and U. Bsi, “Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone Dan McLean,” J. Responsif, vol. 1, no. 1, pp. 46–52, 2019.

G. Satriyono, M. Rukmini, E. P. Prastiwi, and N. D. Kristina, “Shopeepaylater User Satisfaction Analysis Using Delone & Mclean Model Analisa Kepuasan Pengguna Shopeepaylater Menggunakan Model Delone & Mclean,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 5, pp. 2849–2954, 2022, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

A. Anfina, F. N. Salisah, and I. Permana, “Analisa Kesuksesan Penerapan Sistem Perhotelan Dengan Pendekatan Model Delone and Mclean,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 56–59, 2018.

L. Arlina, D. Z. Abidin, and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Is Success Model .,” J. Manaj. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, 2022.

F. Nelwan, L. Mananeke, and H. Tawas, “Analisis Faktor Determinan Keputusan Pembelian Digerai Starbucks Manado Town Square,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 4, pp. 5147–5156, 2019.

H. Prapcoyo, M. As’ad, and F. R. Kodong, “Analisis Penerimaan Dan Kepuasan Pengguna Web Upnyk Bagi Mahasiswa Sistem Informasi Semester 1-4 Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Dan Partial Least Square (Pls),” Semin. Nas. Inform. 2018 , vol. 2018, no. November, pp. 213–222, 2018, [Online]. Available: www.upnyk.ac.id.

L. S. Wara, L. Kalangi, and H. Gamaliel, “Jurnal Riset Akuntasi dan Auditing Goodwill,” J. Ris. Akunt. dan Audit. “GOODWILL,” vol. 12, no. 1, pp. 38–50, 2021.

M. T. Haning, “Pengaruh Trust Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Intention Kaum Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi E-Commerce Shopee Yang Dimediasi Oleh Perceived Of Usefulness,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.37641/jimkes.v9i1.416.

M. Rosario B, M. Istoningtyas, and F. Febrianti, “Analisis Kualitas Website Samsat Jambi Menggunakan Metode Delone and Mclean,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 6, no. 2, pp. 138–144, 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i2.1743.

N. Purwanto, “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan,” J. Teknodik, vol. 6115, pp. 196–215, 2019, doi: 10.32550/teknodik.v0i0.554.

A. Safitri, D. Z. Abidin, and E. Rasywir, “Analisis Kualitas Layanan , Kualitas Sistem , Kualitas Informasi Terhadap Pengguna Goggle Meet,” J. Manaj. Teknol. dan Sist. Inf., vol. x, pp. 1–11, 2022.

A. A. Rismayadi, D. K. Dewi, and I. F. Anshori, “Analisis Kepuasan Pengguna Shopeepaylater Menggunakan Model Delone & Mclean,” J. Responsif, vol. 2, no. 2, pp. 191–197, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti.

M. Ernawati, E. H. Hermaliani, and D. N. Sulistyowati, “Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 18, pp. 58–67, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Abstract views:

298

PDF Download:

253

DOI:

10.33998/jms.2023.3.1.752

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Velawati, S., Husaein, A., & Naibaho, R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Website PERUMDAM Tirta Mayang Kota Jambi Dengan Menggunakan Metode Is Success Model. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 3(1), 354–364. https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.752