Analisis Kepuasan Pengguna PMM Menggunakan Metode UTAUT Berdasarkan Perspektif Guru SMK Negeri Kota Jambi

Penulis

  • Wina Agustina Tarigan Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Sharipudin Universitas Dinamika Bangsa
  • Kurniabudi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2286

Kata Kunci:

Analisis, Kepuasan, UTAUT; INLISLite; Adopsi Teknologi; Mahasiswa; E-Perpustakaan.

Abstrak

Pemanfaatan teknologi serta pengembangan kompetensi di era saat ini menjadi suatu dasar untuk pengembangan Kurikulum Merdeka. Sekolah beserta guru perlu mempersiapkan diri secara matang, mulai dari memahami struktur program studi mandiri, penilaian, hasil pembelajaran, serta tujuan pembelajaran, hingga pelaksanaan proyek maupun aspek lainnya. Hal ini dapat dilaksanakan melalui partisipasi dalam kegiatan mobilisasi guru maupun mobilisasi sekolah. Pemerintah mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan dengan menyediakan perangkat pengajaran seperti buku teks serta bahan pendukung, pelatihan serta sumber ajar bagi pendidik melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dapat dibuka di laptop ataupun ponsel. Implementasi Kurikulum Merdeka yang digaungkan oleh pemerintah Indonesia mendorong inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai solusi untuk mendukung transformasi pendidikan yang lebih fleksibel serta berpusat pada siswa. SMK Negeri di Kota Jambi lembaga pendidikan menengah kejuruan, telah mengadopsi platform ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Beberapa guru mengalami  kendala seperti kurangnya pemahaman tentang fitur platform, keterbatasan infrastruktur teknologi, dan tantangan adaptasi dengan pendekatan baru dalam pengajaran. Kendala yang dihadapi beberapa guru tersebut didapatkan peneliti melalui pengamatan langsung kepada pengguna platform PMM yaitu guru. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengevaluasi sejauh mana guru merasa puas dalam menggunakan PMM dan faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Platform Merdeka Mengajar di SMK Negeri di Kota Jambi dengan model UTAUT. Secara spesifik, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat guru dalam menggunakan aplikasi tersebut, serta mengukur tingkat kepuasan mereka terhadap fitur-fitur yang tersedia. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dan dapat disimpulkan dari 5 hipotesis yang dikembangkan hipotesis yang diterima yaitu hipotesis Performance Expectancy (H1), Effort Expectancy (H2) dan Behavioral Intervention (H5). 2 hipotesis yang ditolak yaitu hipotesis Social Influence (H3) dan Facilitating Conditions (H4).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. Editorial Team, “Editorial Team,” J. Vocat. Nurse., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.20473/jovin.v1i1.19873.

M. Hidayani, “MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM Masrifa Hidayani,” At-Ta’lim, vol. 16, no. 2, pp. 375–394, 2018.

M. Marisa, “Inovasi Kurikulum ‘Mereka Belajar’ di Era Society 5.0,” Santet (Jurnal sejarah, Pendidikan dan Humaniora), vol. 5, no. 1, p. 72, 2021, doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.

Fatmasari et al., “Jurnal Penamas Adi Buana,” J. Penamas Adi Buana, vol. 5, no. 01, pp. 79–88, 2021.

S. E. Dewi, A. Santoso, and R. S. I. Dewi, “Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Pendukung Optimalisasi Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Dasar,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 8, no. 1, p. 350, 2024, doi: 10.35931/am.v8i1.3096.

G. Es Memed, G. Testiana, and F. Nopriani, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online Dengan Metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 2, no. 2, pp. 78–93, 2021, doi: 10.51519/journal cisa.v2i2.62.

S. Nur and A. Kasmiyarni, “Analisis Studi Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Kombinasi dengan Pendekatan UTAUT,” vol. 2, no. 2, 2024.

R. H. Dai, I. R. Padiku, and R. Raupu, “Penerapan Metode UTAUT Dalam Menganalisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi),” Digit. Transform. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 87–96, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.itscience.org/index.php/digitech/article/view/3476

M. P. Hannah, N. J. Irawan, N. Rosa Damayanti, and M. Ariandi, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Raport Menggunakan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” JOSIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 8, no. 1, pp. 19–36, 2024.

A. Fitra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Automatic Meter Reading (Amr) Menggunakan Metode Utaut,” INCARE, Int. J. Educ. Resource., vol. 1, no. 4, pp. 335–349, 2020.

Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.

A. Triadi and R. Roestam, “Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Pt.Sierra Solutions Indonesia Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 4, pp. 434–443, 2019.

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.

S. Fadli and K. Imtihan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Administrasi Dan Transaksi Berbasis Client Server,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., volt. 1, no. 2, p. 7, 2019, doi: 10.36595/jire.v1i2.54.

A. Supriyatna and J. M. Informatika, “PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK,” vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015.

et al Balerina, “Analisis Kompensasi, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Pt. Tirta Investama),” J. Ekon. Manaj. dan Akut. Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Enam-Enam Kendari, vol. 1, no. 2, pp. 401–407, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163

D. Kharisma, S. Simatupang, and H. Hutagalung, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan,” J. Manaj. Dan Akut. Medan, vol. 5, no. 1, pp. 32–42, 2023, doi: 10.47709/jumansi.v5i1.2210.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

0

PDF Download:

0

DOI:

10.33998/jakakom.2025.5.2.2286

Dimension Badge: