PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS ANDROID PADA SD NEGERI 139/IV KOTA JAMBI

Penulis

  • AGUS PRASETIO STIKOM Dinamika Bangsa
  • NURHADI NURHADI
  • MULYADI MULYADI

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.645

Kata Kunci:

Augmented Reality, Tata Surya, Media Pembelajaran

Abstrak

Metode pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini masih dilakukan secara konvensional, menggunakan media seperti buku, papan tulis, dan alat peraga yang secara visual kurang menarik perhatian siswa sehingga berdampak pada rendahnya daya tangkap siswa terhadap materi yang disampaikan, salah satunya adalah materi pengenalan tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat ajar berbasis augmented reality sehingga objek akan terlihat lebih nyata dan meningkatkan pemahaman siswa sistem tata surya. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah mengindetifikasi masalah, melakukan studi literatur, mengumpulkan data, mengembangkan sistem, menguji aplikasi dan menyusun laporan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Prototyping. Aplikasi pengenalan tata surya ini dibangun menggunakan unity sebagai game engine, vuforia SDK sebagai liberary augmented reality dan software sketchup untuk membuat rancangan objek. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi augmented reality pengenalan tata surya berbasis android pada SD Negeri 139/IV Kota Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-11-01

Abstract views:

150

PDF Download:

168

DOI:

10.33998/processor.2019.14.2.645

Dimension Badge:

Cara Mengutip

PRASETIO, A., NURHADI, N., & MULYADI, M. (2019). PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS ANDROID PADA SD NEGERI 139/IV KOTA JAMBI. Jurnal PROCESSOR, 14(2), 94–104. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.645