PERANCANGAN E – CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT. SAMUDERA BERSAUDARA

Authors

  • Rudy Candra
  • Eriya Eriya
  • Agus Siswanto

Abstract

Semakin banyaknya dealer motor di kota jambi, secara tidak langsung tingkat persaingan di antara dealer motor di kota jambi semakin besar dalam mendapatkan loyalitas dari pelaggan. Samudera Bersaudara adalah salah satu dealer resmi Suzuki yang ada di kota jambi yang menjual motor baru, service motor serta penjualan sparepart Suzuki. Selama ini sulit bagi pihak pelanggan untuk mengetahui perkembangan produk sepeda motor dan sparepart dari perusahaan tersebut, admin kesulitan dalam melayani pelanggan dalam melakukan pencarian sparepart motor hal ini membuat pelayanan kepada pelanggan menjadi tidak efisien. Selain itu juga belum adanya wadah khusus berkomunikasiantar pihak perusahaan dengan pelanggan dalam melakukan pemesanan antrian service kendaraan serta belum adanya forum untuk pelanggan melakukan kritik dan saran. CRM adalah strategi untuk mendapatkan, meningkatkan, dan mempertahankan pelanggan yang menguntungkan (Profitable Customer), dengan E-CRM yang bertujuan untuk dapat mengindentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal, menganalisis bagaimana pengelolaan pelanggan pada Samudera Bersaudara, dan merancang aplikasi E-CRM pada Samudera Bersaudara sehubungan dengan layanan kepada pelanggan. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan observasi secara langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Metode pengembangan sistem yang digunakan peneliti adalah pengembangan perangkat lunak model sekuensial linear yang sering disebut dengan model air terjun (Waterfall) dengan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi dan Pengujian Unit, Pengujian Sistem, dan Perawatan. Penelitian ini menghasilkan sebuah E-CRM Pada Samudera Bersaudara agar dapat meningkatkan pelayanan pelanggan secara maksimal untuk mendapatkan pelanggan, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-21

Abstract views:

17

PDF Download:

26

Dimension Badge:

How to Cite

Candra, R., Eriya, E., & Siswanto, A. (2017). PERANCANGAN E – CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT. SAMUDERA BERSAUDARA. Jurnal PROCESSOR, 9(1), 67–76. Retrieved from https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/262

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)