Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Curug Pangeran, Kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor

Penulis

  • Samuel Samuel Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
  • Riani Ishak Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.2.884

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan wisatawan di Curug Pangeran, Kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana karena menggunakan 2 variabel, yaitu fasilitas sebagai variabel X dan kepuasan wisatawan sebagai variabel Y. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 24.0 untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan dengan menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adalah wisatawan Curug Pangeran, Kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor sebanyak 100 responden.

Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana hal tersebut lebih kecil dari 0,05. Kemudian diperoleh nilai korelasi hubungan antara fasilitas (X) terhadap kepuasan wisatawan (Y) sebesar 0,642 yang dimana hal tersebut masuk kedalam kategori kuat. Berdasarkan hal tersebut maka fasilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan wisatawan di Curug Pangeran, Kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor.

Kata Kunci: Fasilitas Wisata, Kepuasan Wisatawan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buku:

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Apriyadi, D. (2017). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas dan Harga Tiket. TERHADAP Kepuasan Penumpang Kereta Api di Stasiun Purwosari. Semarang: MAGISTRA.

FitrianI, M., & et al. (2021). Analisis faktor – faktor yanng mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan ke Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah 10 (1), 19–28.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS: mudah mengelola data dengan IBM. SPSS statistic 25. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A (eds). (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistiyana, & et al. (2015). Pengaruh fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis, 25.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Jurnal:

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 180-194.

Andari, M. P., & Mulyantomo, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Pandanaran Semarang). Majalan Ilmiah Solusi, 18(3), 77-88.

Ayu, J. P. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223-232.

Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18-25.

Dharmawan, R. H., & Kristianingsih, T. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 461-465.

Hardiyanti, T., dkk. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemandian Alam Sejuk (PAS) Mariah Jambi (Survei pada Mahasiswa Semester VI Tahun Akademik 2015/2016 STIE Sultan Agung Pematangsiantar). Jurnal Maker, 3(1), 64-72.

Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul, 4(1), 321-328.

Imran, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 111-126.

Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Irawan, I. C., Dwijayanti, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Kartika Cipta Anugrah Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 154-162.

Nur, M., & Fadili, D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 38-50.

Pantilu, D., dkk. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3723-3732.

Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis, 13(1), 69-80.

Saparudin. (2021). Jaminan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(1), 40-47.

Setiawan, R., dkk. (2019). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Limasan Kafe Karawang. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 167-171.

Sukwika, T., & Rahmatulloh, F. (2021). Penilaian Taman Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi: Penerapan TCM. Jurnal Pariwisata, 8(2), 80-89.

Rujukan Elektronik:

Bogorkab.bps.go.id. (2020). Kabupaten Bogor Dalam Angka 2020. Melalui https://bogorkab.bps.go.id/publication/2020/04/27/801a42dcb801f39f4e20910d/kabupaten-bogor-dalam-angka-2020.html [23/03/2022]

/03/2022]

Disbudpar.bogorkab.go,id. (2019). Kondisi Geografis Daerah Kabupaten Bogor. Melalui`https://disbudpar.bogorkab.go.id/kondisi-geografis-daerah kabupaten-bogor/ [23/03/2022]

Travel.tempo.co. (2022). Kabupaten Bogor Genjot Angka Kunjungan Wisatawan Lewat Tagline Sport and Tourism. Melalui https://travel.tempo.co/read/1551888/kabupaten-bogor-genjot-angka-kunjungan-wisatawan-lewat-tagline-sport-and-tourism [03/03/2022]

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28

Abstract views:

218

PDF Download:

207

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.2.884

Dimension Badge: