Perbandingan Strategi Competitive Analysis antara Indomaret dan Alfamart Menggunakan Metode Analisis Porter’s Five Forces

Penulis

  • Gabriele Yosefhine Universitas Ma Chung
  • Joanna Melodya Universitas Ma Chung
  • Chavia Zagita Universitas Ma Chung
  • Soetam Rizky Wicaksono Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.85

Abstrak

Abstrak

Toko ritel menjadi pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Masyarakat masa kini merasa lebih puas bila berbelanja di toko ritel ternama karena banyak faktor. Salah satunya karena toko ritel ternama tentunya jauh lebih dapat dipercaya kebersihan dan keamanan produknya dan toko ritel ternama memiliki prosedur yan lebih tertata dan menjamin keamanan produknya. Hal ini membuat toko ritel bertumbuh pesat.Salah satu industri waralaba ritel yang berkembang pesat adalah Indomart dan Alfamart. Kedua ritel ini sama-sama memiliki kekuatan baik dalam strategi pemasaran, operasional, dan sumber dayanya. Keduanya sama-sama ritel besar yang berkembang sangat cepat di Indonesia. Dengan menggunakan Porter’s Five Forces Analysis bisa digunakan untuk mengetahui jenis strategi serta kekuatan masing-masing perusahaan. Teori ini diperkenalkan pertama kali oleh Michael Porter, yang digunakan untuk menganalisis bagaimana lingkungan yang kompetitif akan berpengaruh terhadap pemasaran suatu produk. Dengan analisis ini akan diketahui memberikan informasi terkait perkembangan perusahaan di bagian keunggulan kompetitif dan menjadi dorongan tersendiri untuk mau melanjutkan perkembangan perusahaan serta bagaimana kedua perusahaan memiliki ‘persaingan sehat’ dalam bisnis retail yang dijalankan; serta mengetahui strategi keunggulan kompetitif masing-masing perusahaan.

Katakunci : Waralaba ritel, , Porter’s Five Forces Analysis, strategi, kompetitif 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfaria. (2021). Laporan Keuangan Konsolidasian Interim yang berakhir pada tanggal 30 September 2021 (Issue September).

Andika, H., & Hati, S. W. (2018). Analisis Perbandingan Kepuasan Pelanggan Antara Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kota Batam. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 119–134. https://doi.org/10.30871/jaemb.v6i2.651

Hariyadi, G. T. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi ( Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang ). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–32.

Hartanto. (2019). Private Label Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan Dan Kelemahan. Komerce.Id. https://komerce.id/blog/private-label-adalah/

Humariah, R. A., Nurhafizah, & Lestari, I. D. (2019). PERSAINGAN KINERJA INDOMARET VS ALFAMART. https://www.academia.edu/40731333/Alfamart_dan_Indomaret

Indoritel. (2021). Laporan Keuangan Konsolidasian yang berakhir padatanggal 30 September 2021. In Indoritel Makmur Internasional (Issue September). http://www.analisafundamentalsaham.com/2017/07/dnret-pt-indoritel-makmur-internasional.html?m=1

Kamal, I., & Akbar, A. M. (2022). Comparative Analysis of Innovations in Alfamart and Indomaret Minimarkets : A Study in Indonesia. 4(1), 28–45.

Kenichi, R. (2013). 5 Forces Analysis Porter dan Generic Strategy INDOMARET. https://analisisrerrykenichi.wordpress.com/2013/04/11/5-forces-analysis-porter-dan-generic-strategy-indomaret/

Lapian, S. L. H. V. J. (2016). Pengaruh Strategi Competitive Advantage Terhadap Perilaku Konsumen Di Bisnis Ritel (Studi Pada Indomaret Dan Alfamart, Manado). Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(2), 1–13.

Muryuniarsih, M., & Rahman, A. (2017). Model Persaingan Bisnis Ritel Minimarket di Purwokerto (Studi tentang Persaingan antara PT. Indomarco Prismatama dan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(2), 31–42. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1017

N.C, A. (2013). PRIVATE LABEL : KAJIAN PERSEPSI KONSUMEN AKAN KUALITAS DAN VALUE FOR MONEY Natanael Christian Allegro Universitas Ma Chung. Studi Manajemen, 9(2).

Naoenz, T. E. (2018). Analisis pengaruh respon konsumen mengenai private label Indomaret terhadap niat beli : studi kasus di Indomaret Cihampelas dan Indomaret Sukajadi [Universitas Katolik Parahyangan]. http://hdl.handle.net/123456789/7166

Riki. (2020). Analisis Persaingan Bisnis Ritel Antara Alfamart Dan Indomaret Dalam Perspektif Marketing Mix. Khazanah Ilmu Berazam, 3, 162–173.

Rizaty, M. A. (2021). Indomaret , Ritel dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia. Databoks.Katadata.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/22/indomaret-ritel-dengan-jumlah-gerai-terbanyak-di-indonesia

Sani, I., & Faiz, A. (2021, September 12). Ini Bedanya Alfamart dan Indomaret. Bisnis Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1505238/ini-bedanya-alfamart-dan-indomaret

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-27

Abstract views:

2548

PDF Download:

3644

DOI:

10.33998/jumanage.2022.1.2.85

Dimension Badge: