INOVASI ONLINE RELATIONSHIP MARKETING PRODUK HALAL FASHION SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN INDUSTRI KREATIF ISLAMI

Penulis

  • Elin Fitria Universitas Pendidikan Indonesia
  • Masharyono Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reyhana Cahyani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.1.703

Abstrak

Era modern ini, Muslim umumnya semakin tertinggal dalam kontribusi kepada dunia di hampir setiap kategori
industri kreatif. Ketertinggalan ini bisa dikaitkan dengan dua isu, yakni kurangnya kreativitas di komunitas
Muslim dan kurangnya produk & layanan yang berasal dari dunia Muslim. Namun di sisi lain, perkembangan
industri halal fashion sangat pesat dimana salah satu faktornya ialah karena didukung inovasi online
relationship marketing pada produknya. Tulisan ini akan menjelaskan mengenai apa saja jenis inovasi yang
dilakukan dalam hal online relationship marketing produk halal fashion dan bagaimana inovasi online
relationship marketing halal fashion dapat membantu membangun industri kreatif Islami. Terkait dengan online
relationship marketing halal fashion, terdapat dua bentuk pemasaran yang dapat dilakukan, yakni pemasaran
komunitas dan acara khusus (special event), dimana komunitas dapat menjadi media yang efektif untuk strategi
komunikasi pemasaran dan acara khusus (special event) dapat menjadi salah satu media publisitas yang paling
efektif yang berusaha mendapatkan liputan dari berbagai media untuk dapat mempromosikan produk yang
dihasilkan perusahaan. Melihat dari adanya perkembangan pesat industri halal fashion ditambah dengan terus
dilakukannya inovasi online relationship marketing, maka kedepannya industri kreatif Islami akan terus
berkembang dan peluang tumbuhnya industri kreatif yang Islami semakin maju. Inovasi strategi pemasaran
pada industri ini diharapkan akan dapat membantu pembangunan industri kreatif Islami yang selama ini
mengalami ketertinggalan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Karasneh, M., & Saleh, A. M. J (2010). Islamic Perspectuive of Creativity: A Role Model for Teachers of Social Studies as Leaders. Procedia Social and Behavioral Sciences, 412- 426.

Al-Mazeidy, Z. M. (1993). Moqaddimah fi Manhaj Al-Ibda’: Ro’yah Islamiyyah [ An Introduction to the Methodology of Creativity: An Islamic Point of View]. Egypt: Dar Al Wafa‟ Littiba‟a wa Al-Nashr.

Cristian, M. (2012). Digital Marketing Influence on the Formation of Brand Communities. University from Pitesti, Faculty of Administrative and Communication Sciences Braila. Management Strategies Journal, 5(15), 37-43.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2009). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2010-2014. Jakarta: Departemen Perdagangan.

Fitriana, A. N., Noor, I., & Hayat, A. (2014). Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Batu (Studi Tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan Di Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 281-286.

Harabi, N. (2009). Creative Industries: Case Studies from Arab Countries. University Library of Munich, Germany.

Iskandar, T. (2011). Toward an Islamic Perspective on Creativity. Islamic and Civilization Renewal, 2(4).

Kandou, H. A., Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2017). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Mandiri KC. Dotulolong Lasut Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(4), 1-10.

Oxford Economics. (2014). The Economic Impacts of the Creative Industries in the Americas. New York: Inter-American Development Bank.

Purnomo, R. A. (2016) Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Purwaningwulan, M. M. dkk. (2019). Creative Innovation Online Relationship Marketing Islamic Fashion E-Commerce in Indonesia. Library Philosophy and Practice, 1-16.

Salina, I., & Shaari, M. S. (2015). Fostering Creativity in The Islamic World: Towards an Effective Islamic Creative Industry. Indian Journal of Arts, 5(16), 111-119.

Simatupang, M.T. (2008). Industri Kreatif untuk Kesejahteraan Bangsa. ITB Bandung: Inkubator Industri dan Bisnis.

Sugiarsono, J. dkk. (2017). Innovative Companies Perjalanan Perusahaan-Perusahaan Indonesia Mencapai Sukses Berbekal Inovasi. Jakarta: PT. Swasembada Media Bisnis.

Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

UNCTAD Global Database on the Creative Economy. (2015). Trade in creative products reached new peak in 2011, UNCTAD figures show. [Online]. Diakses dari http://unctad.org/en/pages/newsdetails.aspx?OriginalVersionID=498.

UNDP. (2013). Creative Economy Report - 2013 Special Report. New York: United Nations Development Programme (UNDP).

Uraltaş, Nazlim Tüzel. (2014). New Digital Marketing Actors: Private Shopping Clubs and Their Advertising Practices. Marmara University. Journal of Media Critiques (JMC), 1(3), 13-26.

Yousif, W. (1999). Creativity in Islamic Thought: A Comparative Analysis. Kuala Lumpur: International Islamic University.

Zarif, M., dkk. (2013). Creating Creative and Innovative Muslim Society: Bid'ah as an Approach. Asian Social Science, 9(11)

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-30

Abstract views:

69

PDF Download:

347

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.1.703

Dimension Badge: