Analisis Strategi Promosi PT. Visit Kemuning Indonesia dalam Meningkatkan Daya Tarik Layanan
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2025.4.2.2426Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana strategi promosi PT. Visit Kemuning Indonesia dalam meningkatkan daya tarik layanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian ini berupa transkrip dari hasil wawancara dan catatan hasil observasi. Sumber data penelitian meliputi dokumen dan informan, dimana sumber data dokumen tersebut adalah program kerja dan catatan-catatan PT. Visit Kemuning Indonesia dan sumber data informan tersebut adalah direktur dan karyawan PT. Visit Kemuning Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang bagaimana strategi promosi PT. Visit Kemununing Indonesia dalam meningkatkan daya tarik layanan, kendala yang dihadapai PT. Visit Kemununing Indonesia dalam melakukan promosi untuk meningkatkan daya tarik layanan, dan upaya yang dilakukan PT. Visit Kemununing Indonesia dalam menghadapi kendala promosi untuk meningkatkan daya tarik layanan.
Unduhan
Referensi
Abdurohim dkk. (2022). Customer relationship management strategi pengembangan pelanggan. CV. Eureka Media Aksara.
Adistya, D. (2016). Model selling-in distribusi dalam meningkatkan kinerja penjualan (dalam hubungan antara PT. PAPK dengan outletnya wilayah Kalianda). Universitas Lampung.
Aditya, R., & R. Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(2). 96-102.
Alfiyah, S., & Teti Sugiarti. (2023). Fluktuasi harga komoditas bawang merah sebelum dan pada saat masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 7(2). 660-673.
Andini, R. (2020). Pengaruh media sosial terhadap promosi pariwisata di Indonesia. Jurnal Pariwisata.
Anwar, M. (2020). Managemen strategik daya saing dan globalisasi. Sasanti Institute.
Asraini, D. (2019). Pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk PT. Nusantara Surya Sakti Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2(1). 1-23.
Atshaya, S. & Rungta, S. (2016). Digital marketing vs internet marketing: A detailed study. International Journal of Novel Research in Marketing Management and Economics. 3(1). 29-33.
Basori, W. (2021). Produk kreatif dan kewirausahaan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK/MAK kelas XI. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Bria, D. K., dan Dwi Gemina. (2017). Pengaruh harga jual produk dan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Dragon Produk Indonesia Caringin Kabupaten Bogor. Jurnal Visionida, 3(2).
Daryanto. (2011). Sari kuliah manajemen pemasaran. Satu Nusa.
Deba, H. K. P., & Pramono. (2024). Pemanfaatan media sosial sebagai promosi produk usaha untuk peningkatan penjualan dalam marketing e-business. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen. 2(2). 124-133.
Dewi, Nurmasari. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang ayahanda). Jurnal Manajemen Tools. 9(1). 13-25.
Diana, Y. (2023). Analisis pengaruh daya tarik promosi, kualitas pelayanan dan produk inovatif terhadap keputusan menjadi nasabah pada CU. Keluarga Kudus di Pontianak. Jurnal Bis-Ma. 8(6). 1624-1632.
Dinar, M., & Muhammad Hasan. (2018). Pengantar ekonomi: teori dan aplikasi. CV. Nur Lina bekerjasama dengan Pustaka Taman Ilmu.
Diwati, F. & Tito Imam Santoso. (2015). Pengaruh strategi integrated marketing communication (IMC) terhadap keputusan membeli konsumen pada bisnis tour & travel di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ebank. 6(2). 33-54.
Edward, S. C., & Shabry. (2017). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas konsumen produk apple di Banda Aceh. Jurnal Manajemen dan Inovasi. 8(3). 24-36.
Effendy, O. (2017). Ilmu komunikasi teori dan praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Fakhrudin, A., Maria Valeria Roellyanti, & Awan. (2022). Bauran pemasaran. Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Harapanku, I. W. dkk. (2020). Promosi terhadap keputusan pembelian produk meubel CV. Defmel Leilem. Jurnal Productivity. 1(4). 374-377.
Kharisma, H. (2023). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan (studi kasus pada UMKM produksi tas zamano). Universitas Semarang.
Kotler, P. & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing management. Pearson.
Kurniawan, K. J. (2021). Analisis teknik promosi canvassing pada PT. Astra International TBK. Astra Motor Palur. Universitas Sebelas Maret.
Lisna. (2015). Meningkatkan volume penjualan melalui optimalisasi promosi dan saluran distribusi pada UD. Salwa Bakery Durenan Trenggalek. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK). 2(3). 339-357.
Makmur, S. (2015). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (studi pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 3(1). 41-56.
Marceline, W. (2016). Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(1). 87-96.
Maulana, A. & Chamma Fitri Putri Pradjwalita Koesfardani. (2020). Pola musiman kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. 14(2). 73-90.
Mila, K. (2013). Pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan volume penjualan produk mitra iqro. IAIN Syekh Nurjati.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nurfaizah, S. dkk. (2024). Analisis bibliometrik tren media sosial sebagai media pemasaran digital. Jurnal Maslahah. 5(2). 48-63.
Pratama, A. (2021). Efektivitas digital marketing dalam industri pariwisata. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Putra, E. W., Srikandi Kumadji, & Edy Yulianto. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 38(2). 184-193.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Ramadhani, C. (2022). Analisis Kemitraan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Biringala Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP). 3(6). 1815-1831.
Ramayani, S. (2016). Pengaruh strategi promosi dan harga terhadap minat beli konsumen pakaian bayi merek Snobby pada PT. Putra Raja Sejahtera Medan. Universitas Medan Area.
Ritonga, W. (2020). Pemasaran. PT. Muara Karya.
Sernovitz, A. (2012). Word of mouth marketing: How smart companies get people talking. Greenleaf Book Group Press.
Shimp, Terence. (2017). Periklanan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu edisi 5 jilid 1. Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. CV. Alfabeta.
Suhaily, L., Darmoyo, & Syarief. (2017). Effect of product quality, perceived price and brand image on purchase decision mediated by customer trust (study on Japanese Brand Electronic Product). Journal Management. 21(2). 1-16.
Sunarta, D. A. (2023). Kaum milenial di perkembangan ekonomi digital. Economic and Business Management International Journal. 5(1). 9-16.
Supriyanta & Agus Tina. (2017). Perancangan website sebagai media promosi dan penjualan pada CV. Simba Jaya Magelang. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS). 6(1). 9-13.
Tambunan, S. G. (2023). Pengaruh harga, biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan nasi box dalam kemasan box paper (studi kasus pada CV. Catering Rumiris Madju Jaya). STIE Indonesia.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Penerbit Andi.
Widyaningrum, P. W. (2023). Digital marketing: strategi pemasaran di era digital. Salemba Empat.
Wiyogo, I. (2017). Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Electronik City Indonesia Plaza Medan Fair. Universitas Medan Area.