Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Pada UD. Mahakarya Farm Desa Sarimulyo Kabupaten Banyuwangi

Penulis

  • Dani Wicaksono Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Maghfirotul Amaniyah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Yuliana Dewi Fatima Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.1.195

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal untuk memberikan alternative strategi pemasaran telur ayam ras pada UD Mahakarya Farm Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara Purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis matriks Internal Startegis Factor Analysis Summary (IFAS), matriks External Strategis Factor Analysis Summary (EFAS), matriks internal eksternal (IE), matriks SWOT dan Quantitative Strategies Planning Matriks (QSPM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha telur ayam ras UD. Mahakarya Farm mempunyai 5 faktor  kekuatan, 5 faktor kelemahan, 3 faktor peluang, dan 3 faktor ancaman. Nilai evaluasi IFAS pada penelitian ini sebesar 3,11 dan nilai evaluasi EFAS sebesar 2,25. Hasil matriks IE menunjukkan usaha tellur ayam ras UD. Mahakarya Farm berada pada posisi IV, kondisi ini tergolong ke dalam grow and build strategy. Hal ini menunjukan bahwa perusahan membutuhkan strategi untuk tumbuh lebih baik. Strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan saat ini adalah strategi intensif, strategi integrative, dan strategi konsentrasi. Hasil analisis SWOT terdapat sebelas alternatif strategi yang dapat direkomendasikan untuk pemasaran telur ayam ras UD. Mahakarya Farm Desa Sarimulyo, kecamatan cluring. Hasil QSPM strategi pemasaran prioritas yang disarankan adalah mempertahankan kualitas telur agar harga tetap seimbang dan mitra tetap setia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. (2008). SNI 3926: 2008. Telur Ayam Konsumsi. Badan Standardisasi Nasional. Jakakarta.

Achmanu & Muharlien. (2011). Ilmu Ternak Unggas. UB Press. Malang.

Agustriyana, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penempatan Karyawan Terhadap Kepuasan kerja Karyawan Di Pt Yuniko Asia Prima Di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 158–178.

Apriyanti, M. E. (2020). Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan Berperan Mempertahankan Kontinuitas Perusahaan. Sosio E-Kons, 12(1), 70–77.

Cahyono, P. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada Pt. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(2), 129–138.

David, F. (2016). Manajemen Strategi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Fandy & Tjiptono. (2002). Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta Majalah Info Bisnis, Edisi maret Tahun ke VI-2002

Foris, P. J., & Mustamu, R. H. (2015). Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter Five Forces. Agora, 3(1), 736–741.

Handoko, T., & Hani. (2011). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.Istiqomah, & Andriyanto, I. (2017). Analisis Swot Dalam Pengembangan Bisnis (Studi Pada Sentra Jenang Di Desa Kaliputu Kudus). Bisnis, 5(2), 363–381.

Haryoto. (2010). Membuat Telur Asin. Kanisius. Yogyakarta.

Hasibuan., & Malayu S.P (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Kamisi, H. La. (2010). Strategi pemasaran telur ayam di UD Satwa Tani Kota Ternate. Agrikan: Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan, 3(1), 38–44.

Kartika, F. D. S., Helmi, M., & Amirudin. (2019). Meta-analysis of community’s adaptation pattern with tidal flood in Pekalongan City, Central Java, Indonesia. E3S Web of Conferences, 1(2), 1–4.Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kusmadeni, D., & Eriyanti, H. (2021). Pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Pasar Rumput Pangkalbalam Pangkalpinang. Jurnal Manivestasi, 3(1), 37–52.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Toi. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.

Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1–14.

Mondy, R.W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Muchtadi, T. R., Ayustaningwarno, F & Sugiyono. (2010). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Penerbit Alfabeta. Bandung

Nugroho, I. N., & Yuliawati. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Dan Strategi Pemasaran Sayur Organik (Studi Kasus Di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur, Kabupaten semarang). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1377–1392.

Philip Kotler & Armstrong, (2002), Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Pinto, R. M., Hapsari, T. D., & Hartadi, R. (2016). Kajian Pemasaran Telur Ayam Ras Dan Prospek Pengembangannya Di Perusahaan Gracia Farm Timor-Leste. Jsep, 9(2), 44–60.

Prastyo, R. I., Sukanata, I. K., & Dwirayani, D. (2020). Strategi Pemasaran Tempe “Ali Oncom” (Kasus Di Home Industri Tempe “Ali Oncom”). Paradigma Agribisnis, 3(1), 54–66.

Prasetyo, W. B. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada swalayan luwes purwodadi ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(3), 1–13.

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT. Cetakan ke delapanbelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2017). Analisis Swot : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia

Rasyaf, M. (2009). Panduan Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

Retnowati, N. D. (2011). Analisis Csf, Swot Dan Tows Studi Kasus: Pt Intan Pariwara Klaten. Jurnal Buana Informatika, 2(1), 31–37.

Sagaf, M., & Lofian, B. (2019). Budidaya Ayam Broiler Melalui Rancang Bangun Alat Kontrol Suhu Dan Kelembaban Kandang Di Desa Bumiharjo Keling Kabupaten Jepara. Abdimas Unwahas, 4(2), 111–115.

Santoso, H. & Titik Sudaryani. (2011). Pembesaran Ayam Pedaging Hari Per Hari Di Kandang Panggung Terbuka. Jakarta: Penebar Swadaya

Setyaningrum, A., Hakim, A., & Sukanto. (2013). Kefektifan Pemberlakuan Surat Ijin Usaha Perdagangan (Siup) Bagi Pemberdayaan Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang Dan Sentra Usaha Kecil Keripik Tempe Sanan). Jurnal Administrasi Publik (Jap), 1(5), 927–933.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ws Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya, Malang.

Sitepu, M. B. (2005). Mengatasi Berbagai Tantangan dalam Era Globalisasi melalui Peningkatan Perilaku Kewiraswastaan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi, Vol.13, No.1.

Sugiono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitif , Kualitatif dan R & D (Sugiono (ed.)). Cv.Alvabeta.

Suryatama, E. (2014). Analisis SWOT. Cetakan pertama. Surabaya: Kata Pena.

Susanthi, P. R. (2017). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus Stie Galileo Batam ). Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi), 1(1), 30–42.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Tamzil, M. H. (2014). Stres Panas Pada Unggas: Metabolisme, Akibat Dan Upaya Penanggulangannya. Wartazoa, 24(2), 57–66.

Terry, R., George., & L. W. Rue. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiagustini, N. L. P. (2020). Strategi Intensif Dan Integratif : Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah Produk Herbal Di Kabupaten Badung. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 279–289.

Wibowo, M. E., Daryanto, A., & Amzul. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: Pt Primafood Internasional ). Manajemen Ikm, Vol. 13 No. 1, 29-38.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis, CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Yuwanta, T. (2004). Dasar ternak Unggas.PenerbitKanisius. Yogyakarta.

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–13.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-30

Abstract views:

457

PDF Download:

613

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.1.195

Dimension Badge: