Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Layanan Terhadap Consumer Trust Pada Pengguna Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2021-2022 Politeknik Cendana, Medan)

Penulis

  • Finni Sumarni Politeknik Cendana
  • Yuliana Yuliana
  • Elserra Siemin Ciamas

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1706

Abstrak

TikTok merupakan media yang berupa audio visual. Peserta didik begitu senang sekali menggunakan media sosial TikTok ini karena bagi mereka media sosial ini bisa menghibur mereka dikala mereka bosan. Brand Ambassador memiliki peran yang penting dalam tahap awal pengguna menggunakan aplikasi TikTok. Selain itu, kualitas layanan juga menjadi salah satu faktor aplikasi TikTok tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat digunakan oleh beberapa pengguna TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Layanan terhadap Consumer Trust, baik secara parsial atau simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantiatif asosiatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Jumlah responden / sampel yang diambil adalah sebanyak 64 siswa dari jumlah populasi 175 mahasiwa Angkatan 2021-2022 Politeknik Cendana, Medan dengan rumus slovin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Brand Ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap Consumer Trust, Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Consumer Trust, Brand Ambassador dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Consumer Trust pada pengguna aplikasi TikTok mahasiwa Angkatan 2021-2022 Politeknik Cendana, Medan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengujian koefisien determinasi atau R square menunjukkan nilai persentase sebesar 15,7% yang artinya variabel Consumer Trust dipengaruhi oleh 15,7% Brand Ambassador dan Kualitas Layanan, sedangkan 84,3% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliah, N. (2022). Sekolah tinggi ilmu administrasi (stia) al gazali barru 2022.

Arafah, S. (2019). Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit ( Studi Kasus Ud . Pusaka Bakti ). 12–24.

Ardinata, A., Arifin, M., & Napisah, S. (2020). KELAS VII TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID-19. 9(1), 81–89.

Azizah, S. N. (2022). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa …. Journal Strategy of Management and Accounting …, 2(1), 67–77.

Dwi Astuti, A. (2021). Fasilitas, Harga, Kualitas Pendidikan, Dan Lokasi Sebagai Determinan Keputusan Siswa Memilih Jasa Pendidikan Di SMK Muhammadiyah Imogiri (Studi Kasus Pada Jurusan Tata Busana). Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10(2), 134–140. https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1128

Dwi Syafarina. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Lazada di Masa Covid-19.

Ghozali, M., & Umami, A. I. (2022). Model Penafsiran Quraish Shihab terhadap Pemaknaan dan Pemahaman Al-Quran dalam Chanel Youtube Najwa Shihab. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(2), 123. https://doi.org/10.22373/substantia.v24i2.14457

Irawan, I., Yuliana, Y., Arwin, A., & Jovando, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di IEC, Medan. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.411

Konsumen, K., Eicy, D. I., & Surabaya, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Desain Interior Terhadap Kepuasan Konsumen di Eicy Café Surabaya Rani Yulia Zogara, Fedianty Augustinah, Dian Ferriswara. 215–230.

Kotler. (2018). Bab I ْ ُ با حض خ ِ ي. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Luthfi, A. H., Khairunnas, Siregar, M. F., & Zakiyuddin. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahan Pencegahan Covid-19 pada Siswa SDN Peunaga Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat. Jurnal Jurmakemas, 01(02), 97–109. http://jurnal.utu.ac.id/JURMAKEMAS/article/view/4802

Mangantar, A. A. ., Mangantar, M., & Baramuli, D. N. (2020). Pengaruh Return on Asset, Return on Equity Terhadap Return Saham Pada Subsektor Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 272–281.

Novitasari, R. (2021). Uji simultan dan parsial. 24–41.

Nurdin, S., Putra, N., Kunci, K., & Pendahuluan, I. (2019). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan dalam Menggunakan Kartu Pascabayar halo. 2(1), 108–114.

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

Oktri. (2020). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKIN CARE PADA KLINIK KECANTIKAN ERTOS BUARAN. Metode Penelitian, 32–41.

Paramitha, W. A. . A. A., Ketut, R. I., & Kt.G, S. I. G. A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia Di Denpasar. Jurnal Manajemn, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(1), 19–28.

Pramana, I., & Rastini, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 706–733.

Putri, P., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CHING QING VEGE HOUSE, MEDAN. ESCAF, 1(1), 1137–1142.

Rusamsi, R. (2023). The Influence of Brand Ambassador and Quality of Service on Customer Trust Through Brand Reputation as Mediation (Case on E-Marketplace Bukalapak). Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Setyawati, Y., Arwin, A., Yuliana, Y., Williny, W., & Anggia, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Karibia Boutique Hotel Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 126–132. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.401

Wang, I.-M., & Shieh, C.-J. (2006). The relationship between service quality and customer satisfaction: the example of CJCU library. Journal of Information and Optimization Sciences, 27(1), 193–209. https://doi.org/10.1080/02522667.2006.10699686

Wulan Fuji Restu, Asep Muhamad Ramdan, E. S. dan R. S. (2020). ANALISIS IKLAN RUANG GURU DAN BRAND AMBASSADOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PENGGUNA RUANG GURU. 2017(1), 1–9. http://190.119.145.154/handle/20.500.12773/11756

Yudiawan, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 815–823.

Zulaiha, A. R., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/5261/5288

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Abstract views:

49

PDF Download:

38

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.2.1706

Dimension Badge: