PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BENGKEL SUMBER MAS MEDAN

Penulis

  • Rusellin Winata Politeknik Cendana
  • William Vincent STIE Bisnis Indonesia
  • Weny Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1703

Abstrak

The author's aim in conducting this research is to test and analyze the influence of service quality and customer value on customer loyalty at Bengkel Sumber Mas. The research population that will be used in the research is all consumers who have made purchases at Bengkel Sumber Mas in 2022, the exact number of consumers is not known and the number of samples taken in this research used the Slovin formula and obtained 96 samples. The partial test results on Service Quality (X1) show that the value of tcount (2.556) > ttable (1.985) with a significant level of 0.012 < 0.05 so it can be concluded that there is a partially significant positive influence on Service Quality on Customer Loyalty at the Sumber Mas Workshop. While for Customer Value (X2) it can be seen that the value of tcount (2.162) > ttable (1.985) with a significant level of 0.033 < 0.05 so it can be concluded that there is a partially significant positive influence between Customer Value on Customer Loyalty at the Sumber Mas Workshop. Simultaneous test results show that the value of Fcount (6.926) > Ftable (3.09) with a significance of 0.002 < 0.05 so it can be concluded that there is a significant influence between Service Quality and Customer Value simultaneously on Customer Loyalty at the Sumber Mas Workshop.

Keywords: Service Quality, Customer Value and Customer Loyalty.

ABSTRAK

Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Bengkel Sumber Mas. Adapun populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah semua konsumen yang telah melakukan pembelian di Bengkel Sumber Mas pada tahun 2022 yang tidak diketahui dengan pasti jumlah konsumennya dan Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan mendapatkan 96 sampel. Hasil uji secara parsial pada Kualitas Layanan (X1) terlihat bahwa nilai thitung (2.556) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,012 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Sumbel Mas sedangkan untuk Nilai Pelanggan (X2) terlihat bahwa nilai thitung (2,162) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,033 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Sumbel Mas. Hasil uji simultan terlihat nilai Fhitung (6,926) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Sumber Mas.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfianto, A. (2021). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Psikoborneo, 07(03), 482–488.

Cuhanazriansyah, M. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 05(02), 311–319.

Feliona, C., & Weny, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Brayan Vegetarian Medan. Proceedings Economic, Social Science, Computer, Agriculture and Fisheries (ESCAF), 01(01), 128–133.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. PT. Elex Media Komputindo.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Khowijaya, T. C., Sutarno, S., Nugroho, N., Vincent, W., & Cindy, C. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantin Maitreyawira Medan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik (JEPA), 07(02), 267–271.

Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(01), 35–39.

Paputungan, Tamengkel, & Punuindong. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Kotamobagu. Jurnal Productivity, 03(02), 181–186.

Putra, I. K. A. M., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 01(04), 1279–1291.

Putri, F., Tumbel, A., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 09(01), 1428–1438.

Rifa, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan (Hikam Pustaka (ed.)).

Riyadi, M. E. Y., & Erdiansya, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 07(02), 356–367.

Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 02(01), 41–50.

Rizkillah, A., Suryani, S., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bamboo Coffee dan Resto di Lhokseumawe. Jurnal MBIA, 19(01), 87–96.

Rosnaini, D. (2019). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.

Safitri, D., & Hayati, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Jasa Online Maxim. Jurnal Ecogen, 05(01), 25–36.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryantini, I. G. A. A., & Sujana, I. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Singaraja. Jurnal Ekuitas: Pendidikan Ekonomi, 11(01), 116–122.

Tojiri, & Rusdian. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Jasa Karunia Tour & Travel Garut. Jurnal Mirai Management, 08(01), 251–264.

Trisnawati, & Subijanto. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Nordtime 39 Kinibalu. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 01(01), 23–34.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Abstract views:

78

PDF Download:

87

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.2.1703

Dimension Badge: