PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI FORTUNATE COFFEE, MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.2.1702Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan minat beli terhadap keputusan pembelian di Fortunate Coffee Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner.. Pada penelitian ini jumlah populasi kira-kira berjumlah 500 dalam 2 bulan terakhir, oleh karena itu sampel yang didapatkan sebanyak 84 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Dari hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,051 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan bahwa variabel E-WOM dan minat beli mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 50,3%, sedangkan sisanya sebesar 49,7% menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Berdasarkan hasil uji F didapatkan bahwa nilai fhitung untuk variabel X adalah sebesar 41,013 (fhitung 41,013 > ftabel 3,109) dengan taraf signifikansi 0,002 (sig value 0,002 < α 0,05). Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya variabel E-WOM dan variabel minat beli terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Fortunate Coffee Medan.
Unduhan
Referensi
Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang. OSF Preprint, 1–16.
Annisawati, A. A., Suarsa, S. H., & Sari, I. (2023). The Effect of Electronic Word of Mouth ( E-WOM ) and Brand Image to Purchase Decisions of Millennial Customers in Bandung during Covid-19 Pandemic . Pengaruh Elektronik Word of Mouth ( E-WOM ) and Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial. VII(1), 9–22.
Antin Rakhmawati, Muhammad Nizar, & Kholid Murtadlo. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WWOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1584
Fatmaningrum, R. S., & et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi , 4(1), 1–13. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/270
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Jordan, M. (2019). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Survey Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).
Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/52
Prastyo, N., Suharto, A., & Tyas, W. (2018). Pengaruh E-wom (Electronic word of mouth) Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Online Shop. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1–7.
S, M. H., & Sriyanto, A. (2018). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, MINAT BELI, DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN( Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018 ). April.
Sari, T. M. (2019). Pengaruh Komunikasi Word OF Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pizza Hut di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 10(2), 235. https://doi.org/10.24036/jpk/vol10-iss2/395
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : PT Pustaka Baru.
Suparman, L. R., Mulyaningsih, H. D., & Harahap, D. A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. July.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
sudiartini, N. W. A., Ardani, ni wayan, & Subawa, G. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PADA KSP. LEMBING SEJAHTERA MANDIRI. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203