Perbandingan Tingkat Kesetiaan Pelanggan Menggunakan Tokopedia dan Shopee Program Bebas Ongkir

Penulis

  • cheviria halim STIE Eka Prasetya Medan
  • Denny Kosasih STIE Eka Prasetya
  • Felix STIE Eka Prasetya
  • Irvan Surya STIE Eka Prasetya
  • Sulyyani STIE Eka Prasetya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan tingkat kesetiaan pelanggan antara platform e-commerce Shopee dan Tokopedia, dengan penekanan khusus pada bagaimana program bebas ongkir memengaruhi keputusan pembelian dan retensi pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat utama untuk menilai tingkat kesetiaan pelanggan serta Net Promoter Score (NPS) di kedua platform tersebut. Temuan utama menunjukkan bahwa tingkat kesetiaan pelanggan yang merekomendasikan dan terus membeli di Shopee lebih tinggi daripada di Tokopedia, dengan 87% dan 54% masing-masing. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana program bebas ongkir memengaruhi minat dan retensi konsumen di dua platform tersebut. Salah satu hipotesis yang muncul adalah bahwa program bebas ongkir dapat berdampak besar pada tingkat kesetiaan konsumen di kedua platform e-commerce tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker, David A. (1991), Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name, New York: The Free Press

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Darmawan, D., Arifin, S., & Purwanto, F. (2020). Studi tentang persepsi nilai, kepuasan dan retensi pelanggan kapal penyeberangan ujung-kamal. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 198-209.

Djati, S. P., & Darmawan, D. (2005). Pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan, kepercayaan, dan kesetiaan pelanggan. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 48-59.

Ersi, D. Y., & Semuel, H. (2014). Analysis CRM, kepuasan pelanggan dan loyalitas produk UKM berbasis bahan baku terigu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 1-8

Griffin. (2004). Komitmen Organisasi, Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Japarianto, E., Laksmono, P., & Khomariyah, N. A. (2007). Analisa kualitas layanan sebagai pengukur loyalitas pelanggan hotel majapahit Surabaya dengan pemasaran relasional sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 34-42.

Kotler, Philip. 2007. Majaemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Pengendalian Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemenn Pemasaran, Jakarta : Penerbit Erlangga, edisi 13. Jilid 2

Kurniasih, I. D. (2012). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan (Studi pada Bengkel Ahass 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 37-45.

Mokhlis, S., & Mokhtar, N. F. (2019). Hubungan antara kualiti perkhidmatan, kepuasan dan kesetiaan pelanggan dalam industri taska. Journal of Business Innovation, 4(1), 13.

Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra, dan Dadi Adriana. 2007. Pemasaran Strategik, Andi. Yogyakarta

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.

Ratna, I., & Nasrah, H. (2022). Analisis perbandingan tingkat kesetiaan pelanggan pada toko online dan toko konvensional jenis produk pakaian. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1567-1578.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mobil suzuki ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Abstract views:

49

PDF Download:

41

Dimension Badge: