Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pembelajaran di Universitas Mandiri

Penulis

  • Neneng Siti Maryam Universitas Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1528

Abstrak

Untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam layanan pembelajaran, lingkungan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dituntut dapat memberikan pelayanan prima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan prima yang diberikan oleh Universitas Mandiri dalam layanan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Adapun yang menjadi informan terdiri dari 1 orang ketua prodi, 3 orang dosen, 6 orang mahasiswa, dan 1 orang staf akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima yang diberikan Universitas Mandiri kepada mahasiswa dalam layanan pembelajaran belum optimal karena adanya unsur pelayanan prima yang tidak terpenuhi yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajarana. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ketersediaan sarana yaitu internet, AC dan infocus,  prasarana yaitu ruang kelas merupakan faktor yang mendukung kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aboubakr, R.M., & Bayoumy, H.M.M. (2022). Evaluating Educational Service Quality among Dentistry and Nursing Students with the SERVQUAL Model: A cross-sectional Study. Journal of Taibah University Medical Sciences, Volume 17, Issue 4, August, 648-657.

Amin, S. (2017). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Sekolah Tinggi. Wahana Akademika Volume 4 Nomor 2, 193-202.

Ariyani, E. D. (2010). Penerapan Pelayanan Prima sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi Volume VII No. 1 Maret, 19-24.

Ayuni, D. S. (2011). Pengaruh Motivasi Mahasiswa dan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Mahasiswa Lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Forum Pascasarjana Vol. 34 No. 3 Juli, 155-164.

Daryanto, I. S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriana, E. S. (2019). Transformasi Kepemilikan dari Swasta ke Pemerintah: Implementasi Pelayanan Prima Universitas Siliwangi kepada Mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol.3, No.1, April, 209-2018.

Fitriana, Purwanto. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Prima di Kantor Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Journal Student UNY, 712-724.

Helena Sitohang, N. S. (2023). Pentingnya Penerapan Service Excellence di Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Volume 2 Nomor 1, 26-33.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. (2003). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jakarta: Republik Indonesia.

Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM Vol.5 No.1, 1-18.

Mustopa Yakub Simbolon, A. ,. (2022). Impelentasi Manajemen Pelayanan Prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang. Produ: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4 Nomor 2, 56-66.

Nurrohmah, U. S. (2023). Analisis Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 114-129.

Rachmawati, E. R. (2020). Pelaksanaan Service Excellent dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa di Bagian Sistem Informasi Akademik Universitas Sangga Buana YPKP. Jurnal Techno Socio Ekonomika Volume 13 No. 2 Oktober.

Rahman Tanjung, d. (2019). Manajemen Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pembelajaran . Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Volume 3 No. 1, 235.

Ratnasari, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan Mahasiswa yang Berdampak pada Word of Mouth (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Journal of Management and Business Vol. 1 No.1, 51-63.

Sumardin, S. H. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Ibnu Sina dalam Proses Perkuliahan. SEIKO: Journal of Management & Business Volume 6 Issue 1, 771-781.

Tanjung, R. C. (2019). Manajemen Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi) Volume 3 No.1, 234-242.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. (2009). Pelayanan Publik. Jakarta: Republik Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Abstract views:

625

PDF Download:

278

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.1.1528

Dimension Badge: